Berbeda Dengan Depok, DKI Berikan Sanksi Ini Bagi Pemilik Mobil Tanpa Garasi!

Berbeda Dengan Depok, DKI Berikan Sanksi Ini Bagi Pemilik Mobil Tanpa Garasi!

Ilustrasi sanksi derek oleh Dishub DKI. (istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Warga Depok yang memiliki mobil tapi tidak memiliki garasi akan dikenakan sanksi berupa denda uang Rp. 2.000.000,-. Berbeda dengan Depok, Pemprov DKI justru akan menindak warganya dengak menderek kendaraan apabila tidak mempunyai garasi untuk mobilnya.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 mengenai transportasi, dimana salah satunya adalah wajib memiliki lahan parkir atau garasi bagi warga yang ingin membeli mobil baru.

Seperti dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, yang mengatakan bahwa DKI memiliki aturan sendiri dalam memberikan sanksi.

"Kita tidak mengatur denda seperti itu (denda uang). Namun bila ada warga yang parkir di badan jalan dan tidak sesuai aturan, maka mobilnya akan kita derek," ucap Syafrin. (kompas.com)

"kendaraan (mobil) yang diderek wajib diambil sang pemilik dengan terlebih dahulu melunasi denda retribusi per harinya itu Rp 500.000, bila tak langsung ambil otomotis akan terakumulasi terus," lanjut Sayfrin.

Sementara saat disinggung mengenai proses pelaporannya, terutama bagi warga yang merasa diresahkan, Syafrin hanya menjelaskan bila hal tersebut bisa dilakukan dengan langsung menghubungi pihak Dishub setempat.

Selain itu, warga DKI juga bisa melakukan pelaporan melalui kanal 112. Setelah itu nanti akan langsung terkoneksi dengan operator untuk menyampaikan keluhannya lalu disampaikan ke petugas terkait.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com