Libatkan Alumni ITB Lintas Angkatan, Salam Ganesha Targetkan Donasi 1 Trilyun di 2020

Libatkan Alumni ITB Lintas Angkatan, Salam Ganesha Targetkan Donasi 1 Trilyun di 2020

Ahmad Zacky bersama Yani Panigoro di Salam Ganesha Launching Night, Energy Building SCBD - Jakarta Selatan, Senin (16/12) / Foto : Addo

"Tahun depan di usia ITB yang ke 1 abad (100 tahun), melalui Salam Ganesha ini kami menargetkan jumlah donasi sebanyak 1 trilyun rupiah yang mana nantinya akan digunakan untuk civitas academia ITB, riset, beasiswa, dll.”

(Yani Panigoro)

 

 

JAKARTAINSIGHT.com | Sebanyak 1200 lebih alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) Senin (16/12) menghadiri kegiatan Salam Ganesha Launching Night yang digelar di Soehana Hall, Energy Building, SCBD-Jakarta Selatan, termasuk diantaranya Pramono Anung, Sakti Wahyu Trenggono, Budi Gunadi Sadikin, Hatta Rajasa, Andi Taufan, Billy Mambrasar, Arya Sinulingga dan Ridwan Djamaluddin, yang sudah dan akan membantu fundraising melalui makan malam bersama para donatur potensial.

Ditemui disela-sela kegiatan, Katua Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung  (MWA-ITB) Yani Panigoro menyampaikan, "Salam Ganesha Fundraising Program merupakan penggalangan Endowment Fund ITB  yang dikelola langsung oleh Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL ITB)."

“Salam Ganesha diprakarsai oleh para alumni muda ITB , untuk mengajak seluruh alumni ITB berdonasi melalui endowment fund ITB , berbakti pada Almamater ITB, yang sudah memberikan pendidikan terbaik. Jadi seperti kata-kata salam Ganesha yakni untuk Tuhan, bangsa dan almamater," ujar Yani Panigoro.

Yani juga menyampaikan, seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan untuk kesejahteraan civitas academica ITB , beasiswa, penelitian, dan sebagainya. Inisiasinya dari tahun 2004, dimana dulu yang menyumbang Endowment Fund ITB , hanya sebagian kecil para pengusaha alumni ITB. Kini saatnya kita mensosialisasikan ke seluruh alumni muda.

"Tahun depan di usia ITB yang ke 1 abad (100 tahun), melalui Salam Ganesha ini kami menargetkan jumlah donasi sebanyak 1 trilyun rupiah yang mana nantinya akan digunakan untuk civitas academia ITB, riset, beasiswa, dll," tutup Yani.

Dalam kesempatan yang sama, Founder BukaLapak, Achmad Zaky salah satu alumnus sekaligus pengurus Komite Dana MWA-ITB yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, "Salam Ganesha merupakan gerakan resmi bukan gerakan independen yang dibuat alumni. Kalau ada teman-teman yang masih bertanya, ini resmi melalui ITB. Dananya insya Allah amanah. Harapannya akan banyak awareness mengenai endowment fund, karena pendanaannya berasal dari alumni," ungkap Zacky.

"Melalui gerakan ini kami para alumni berharap ITB akan semakin maju, temuan-temuan yang akan berkembang jadi startup unicorn sehingga kesejahteraan di Indonesia akan lebih luar biasa. Karena ITB sebagai institusi riset harus melahirkan penemuan-penemuan yang bisa diaplikasikan seluruh masyarakat Indonesia."

"Kita menggunakan teknologi digital dengan platform untuk endowment fund. Ini akan terus dikembangkan dan di update dimana informasi penggunaan dana abadi secara transparansi. Seluruh alumni bisa menularkan kepada kawan-kawan yang lain bagaimana pentingnya endowment fund," jelasnya.

 

 

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com