Presiden Filipina Duterte Berada di Davao Saat Gempa Bumi 6,8 Magnitudo

Presiden Filipina Duterte Berada di Davao Saat Gempa Bumi 6,8 Magnitudo

Bangunan tampak rusak parah usai diguncang gempa di Filipina. (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Gempa bumi dahsyat telah melanda dekat kota Davao, Filipina, menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan beberapa orang cedera.

Ini adalah terbaru dalam serangkaian gempa yang menyerang bagian selatan negara itu baru-baru ini.

Sebelumnya survei geologi AS mengatakan gempa bumi berkekuatan 6,9 namun direvsi menjadi berkekuatan 6,8 pada hari Minggu (15/12/2019) berpusat 60 kilometer (38 mil) barat daya Davao di pulau Mindanao pada kedalaman 30 km (18 mil).

Menurut Kepala Inspektur Samuel Tadeo, kepala operasi Biro Perlindungan Kebakaran, sebuah supermarket tiga lantai runtuh di kota Padada di provinsi Davao Del Sur, 1.000 km (621 mil) selatan Manila, menewaskan sedikitnya tiga orang.

“Sejumlah orang diyakini telah terjebak di bawah puing-puing dan enam diselamatkan dari bangunan yang runtuh,” katanya, dikutip dari Aljazeera.

Di kota Matanao yang berdekatan, seorang anak berusia enam tahun tewas ketika dia dihantam oleh tembok beton yang jatuh di rumah mereka, kata Vincent Fernandez, walikota kotamadya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami dari gempa bumi.

Anthony Allada, petugas informasi publik Magsaysay dekat pusat gempa, mengatakan 14 orang terluka tetapi tidak ada yang serius.

“Jalan dan bangunan, termasuk kantor pemerintah setempat, rusak dan listrik padam di kota,” katanya.

Wilayah itu diguncang oleh empat gempa kuat pada Oktober dan November, yang bersama-sama menewaskan sedikitnya 20 orang.

"Kita tidak tahu harus berbuat apa lagi. Apakah kita merespons dulu atau menghadiri keluarga kita dulu?" Allada mengatakan kepada radio DZMM.

Presiden Rodrigo Duterte, yang berasal dari Davao, berada di kota itu ketika gempa bumi melanda.

"Dia baik-baik saja. Dia dan putrinya, Kitty, berada di rumah mereka ketika gempa melanda," kata juru bicara kepresidenan Salvador Panelo.

"Ibu Negara Honeylet sedang dalam perjalanan pulang ketika tanah bergetar. Katanya mobilnya bergoyang. Dia tidak terluka,” sambungnya.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan kerusakan dan gempa susulan dapat diperkirakan terjadi.

Beberapa gempa susulan yang kuat dicatat setelah gempa bumi, yang terkuat berkekuatan 5,7 yang berpusat di utara Kota General Santos.

Radio DZMM melaporkan listrik padam di General Santos City, di mana pasien di rumah sakit setempat sedang dievakuasi.

Cuplikan video gempa yang diposting oleh pengguna di Twitter menunjukkan kabel listrik bergoyang dan meletus dalam percikan api. Video lain menunjukkan air mengalir keluar dari kolam renang hotel.

Sumber: Aljazeera

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510680910rohingya-exp-slide-4A9Q-superJumbo.jpg
INTERNASIONAL
1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510729521Mayjen-TNI-Doni-Monardo.jpg
NASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });