Kisah Serba Guna Motor, Bengkel Tertua di Pondok Gede

Kisah Serba Guna Motor, Bengkel Tertua di Pondok Gede

Bengkel Serba Guna Motor (SGM) dikawasan Pondok Gede, Bekasi. (jakartainsight)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Berawal dari sebuah bengkel sepeda di tahun 65-an, pada tahun 1975 atau sepuluh tahun kemudian berganti menjadi bengkel motor. Hingga saat ini Serba Guna Motor milik H. Mat Nasir merupakan sebuah bengkel tertua dikawasan Pondok Gede, Bekasi.

Dalam perjalanan menjadi bengkel segala jenis motor, kemudian khusus menangani Vespa, kini Serba Guna Motor (SGM) dibawah kendali Budi Asikin atau yang akrab dipanggil Om Budi semakin dikenal menjadi bengkel khas Scorpio (salah satu jenis motor brand Yamaha).

Ketika sang ayah tutup usia, Budi yang kala itu berusia 20-an tahun harus mengambil langkah meneruskan usaha tersebut. Sebagai satu-satunya anak laki dalam keluarga, beliau menjadi tulang punggung keluarga (terutama bagi sang ibu dan saudari-saudarinya).

Pada tahun 2012, Budi bergabung dengan sebuah klub motor, yang kemudian menjadikannya sebagai panutan atau sosok yang dituakan. Dari sini akhirnya bengkel SGM miliknya pun menjadi wadah tempat berkumpulnya sekitar 40 penghobi Yamaha Scorpio.

Bengkel SGM yang terletak di Jl. Jatimakmur No.6, Rt 02/09 Kel. Jatiwaringin-Pondok Gede, Bekasi, memberikan berbagai jasa pelayanan servis untuk segala jenis motor, khususnya Yamaha Scorpio. Mulai dari servis kecil, ganti oli, hingga servis besar diberikan SGM dengan pelayanan terbaiknya, serta biaya yang sangat terjangkau hingga pelanggan terpuaskan.

"Sebagai sebuah bengkel tertua dikawasan Pondok Gede ini, kami selalu mendengarkan keluhan pelanggan dan melayani mereka dengan ramah. Mungkin itulah yang membuat SGM tetap eksis hingga sekarang," jelas Om Budi, saat ditanya apa yang membuat bengkelnya tetap bertahan.

Kepada penulis, Om Budi juga mengatakan salah satu kendala dalam usaha bengkelnya adalah ketersediaan sparepart atau komponen orisinil. Nah untuk mensiasatinya, Om budi bekerjasama dengan beberapa bengkel disekitar dalam hal menyediakan sparepart maupun aksesoris, dan kebutuhan pelanggan lainnya.

Kemudian dalam wawancara singkat penulis dengan sang punggawa bengkel SGM ini, beliau juga banyak berbagi pengalaman seputar perawatan motor, baik untuk keperluan sehari-hari maupun saat touring.

"Pada dasarnya perawatan motor sangat sederhana, asal dilakukan dengan baik oleh si pengguna maupun pemilik kendaraan. Hanya sedikit yang mmembedakan antara motor yang digunakan sehari-hari dengan saat melakukan perjalanan jauh/touring," jelas Budi.

"Untuk turing, selain perawatan dan pengecekan menyeluruh, para biker ataupun raiders sebaiknya menyiapkan beberapa perangkat cadangan untuk di jalan, seperti busi, bohlam, tali rem, tali gas, dan sebagainya yang mudah dibawa. Hal ini berguna apabila terjadi gangguan kecil pada motor saat di jalan," tambah Budi.

Semua perlengkapan dan pemahaman ini harus diperhatikan oleh para bikers sebagai antisipasi baik saat melakukan single riding ataupun rombongan bila ada masalah dan jauh dari bengkel. Namun, lanjut Budi, bila kerusakan parah motor tetap harus dibawa kebengkel terdekat.

Khusus untuk Yamaha Scorpio, Om Budi juga tak lupa berbagi pengalaman dan pandangannya. Scorpio adalah salah satu model motor buatan pabrik Yamaha yang sudah tidak diproduksi lagi, namun masih banyak peminat dan pemiliknya.

Apa sih keunggulan Yamaha Scorpio?
Menurut Om Budi, Yamaha Scorpio memiliki beberapa keunggulan yakni, mudah dalam perawatan dan juga modifikasi, bertenaga besar, enak untuk perjalanan jauh (irit BBM). Oleh sebab itulah kenapa hingga saat ini masih banyak yang menggunakannya, disamping harganya juga yang lumayan untuk kelas motor seken.

"Dengan berbagai keunggulan tersebut, tak heran masih banyak komunitasnya dan juga penggunanya (Scorpio)," terang Budi.

"Dalam sehari bisa 3 hingga 5 motor dari berbagai merek yang dilayani SGM, termasuk Yamaha Scorpio. SGM sendiri dalam sebulan total bisa melayani hingga sekitar 100 motor," pungkas Budi.

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Ferrox Hadirkan Filter Udara Yamaha XSR155
Kamis, 05 Desember 2019 14:50:06

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510680910rohingya-exp-slide-4A9Q-superJumbo.jpg
INTERNASIONAL
1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510729521Mayjen-TNI-Doni-Monardo.jpg
NASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });