Tjahyo Larang ASN Pakai Cadar di Lingkungan Kantor Kemenpan RB

Tjahyo Larang ASN Pakai Cadar di Lingkungan Kantor Kemenpan RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo. (istimewa)

JAKARTAINISGHT.com | Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menyebut kementriannya melarang jajarannya menggunakan cadar di lingkungan kantor. 

Mantan Menteri Dalam Negeri kabinet Jokowi jilid I tersebut bahkan menyebut aturan larangan pakai cadar di kementrian yang ia kepalai tersebut bersifat wajib.

"Kalau di saya (Kemenpan RB setiap ASN) wajib jangan pakai cadar. Begitu keluar kantor mau pakai cadar silakan, dia sebagai warga negara bebas," ujar Tjahjo seperti dilansir laman detik.com, Senin (4/11).

"Kalau di Kemenpan RB ada seragam putih, kalau hari-hari nasional (pakai) Korpri, ada baju yang lain, gitu saja. Hanya kalau di kantor bagi saya ya, ya jangan pakai cadar dong. Kalau pakai cadar ya di luar kantor, silahkan," sambung Tjahyo.

Baca Juga : Pernyataan Menag Terkait Wacana Larangan Pakai Cadar di Instansi Pemerintah

Sebelumnya, kendati tidak mengeluarkan larangan penggunaan cadar, Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi mengatakan  “Cadar itu seperti saya bilang, tidak ada dasar hukumnya di Quran dan di Hadist menurut pandangan kami. Tapi kalau orang mau pakai (cadar) itu silakan. Dan itu bukan ukuran ketaqwaan orang,” ujar Menag, Kamis (31/10). 

“Saya dengar, akan keluar aturan masuk instansi pemerintah tidak boleh pakai helm dan muka harus kelihatan jelas,” imbuhnya. 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com