Bisa Dimonitor Secara Real Time, Teknlogi ADP Toshiba ESS Optimalkan Pemanfaatan PLTPB

Bisa Dimonitor Secara Real Time, Teknlogi ADP Toshiba ESS Optimalkan Pemanfaatan PLTPB

Toshiba ESS Jepang kembangkan teknologi Anomaly Predictive Diagnostics yang mampu optimalkan pemanfaatn Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (istimewa)

JAKARTAINISGHT.com | Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation (Toshiba ESS), pemasok terkemuka solusi energi terintegrasi mulai mendemokan proyek teknologi  ADP (Anomaly Predictive Diagnostics) yang di klaim mampu meminimalisir sejumlah persoalan terkait pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Proyek yang dijadwalkan mulai Oktober 2019 hingga Februari 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan faktor pemanfaatan pembangkit listrik tenaga panas bumi dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI).

Teknologi diagnostik prediktif ini menganalisis data operasional di masa lalu dan harian dari pembangkit listrik melalui berbagai sensor dengan analitik data besar dan memprediksi anomali dari peralatan di waktu mendatang, mendeteksi potensi masalah selama operasi normal.

Hasil analisis ini kemudian diberikan kepada Kantor Pusat GDE dan situs teknik Toshiba ESS melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk ditinjau, yang memungkinkan Toshiba ESS memverifikasi teknologi ini sebagai suatu keseluruhan sistem.

Didanai oleh Organisasi Energi Baru dan Pengembangan Teknologi Industri (NEDO), sebuah lembaga pemerintah Jepang di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, percontohan tersebut akan diadakan di Patuha Geothermal Power Plant*1 di Jawa Barat, Indonesia.

Toshiba ESS akan memasang sistem diagnosa prediktif anomali menggunakan analisis data besar (big data analysis) di Patuha Geothermal Power Plant milik PT Geo Dipa Energi (Persero) (GDE) dan memeriksa data operasi pabrik secara real-time.

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com