Raffi Ahmad Miliki Benjolan di Leher, Kenali Gejala Nodul dan Polip!

Raffi Ahmad Miliki Benjolan di Leher, Kenali Gejala Nodul dan Polip!

Raffi Ahmad (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Presenter dan juga entertainer serba bisa Raffi Ahmad dikabarkan memiliki benjolan di leher atau tepatnya pada pita suara hingga membuat dirinya harus rehat sementara dari dunia hiburan.

Suami Nagita Slavina (Gigi) itu menjelaskan permasalahan pita suaranya sudah sejak dua tahun lalu. Saat ini, Raffi ingin fokus untuk memulihkan kesehatannya dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk orang terkasihnya, terutama istrinya Gigi dan anaknya, Rafathar.

Dari segi medis, benjolan non-kanker disebut nodul dan polip. Dikutip dari Hello Sehat, Nodul pita suara adalah pertumbuhan tak wajar (bukan kanker) di kedua pita suara akibat menggunakan suara secara berlebihan.

Jika dibarkan berlarut, hal ini bisa menyebabkan munculnya nodul yang lunak dan membengkak pada kedua pita suara.

Nodul ini akan membesar dan mengeras selama Anda masih terus-terusan menggunakan suara Anda secara berlebihan.

Sedangkan polip bentuknya macam-macam. Kadang polip disebabkan oleh penggunaan suara berlebihan dan bisa muncul di salah satu atau kedua pita suara.

Bentuknya mirip nodul, yaitu benjolan yang membengkak dan tumbuhnya keluar, seperti cabang tanaman. Bisa juga mirip seperti lepuhan yang berisi cairan.

Kebanyakan polip ukurannya lebih besar dari nodul dan bisa jadi disebut dengan istilah lain seperti degenerasi polipoid atau edema Reinke.

Untuk membedakannya, bayangkan bahwa nodul sangat keras, sedangkan polip seperti lepuhan.

Adapun gejala nodul dan polip dapat dikenali dengan tanda-tenda seperti, suara serak, suara seperti habis, sakit yang menusuk dari telinga kiri ke kanan, serasa ada yang mengganjal di tenggorokan, leher sakit, tidak bisa bicara dengan suara atau nada yang tinggi, badan lemas, hingga sulit berbicara.

Mungkin ada gejala-gejala yang belum disebutkan di atas. Kalau Anda mencurigai gejala tertentu atau punya pertanyaan, segera hubungi dokter.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Banding Dikabulkan, Ahmad Dhani Segera Bebas
Jumat, 08 November 2019 14:39:57

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });