Punya Channel Youtube? Ini Alasan Kenapa Subscriber Anda Jadi Berkurang!

Punya Channel Youtube? Ini Alasan Kenapa Subscriber Anda Jadi Berkurang!

Ilustrasi Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Jika Anda gemar membuat video dan membagikannya di situs berbagi video nomor satu yakni YouTube, pasti selalu memantau perkembangan statistik untuk melihat perkembangan jumlah subscriber.

Nah statistik subscriber di YouTube ternyata fluktuatif alias naik-turun, bahkan hingga turun drastis hingga membuat Anda bertanya-tanya kenapa bisa begitu.

Sebenarnya wajar saja jika jumlah subscriber di YouTube mengalami kenaikan atau penurunan, namun yang jadi masalah adalah jumlah subscriber yang secara drastis menurun atau hilang sangat banyak dalam rentan waktu yang sangat singkat.

Jumlah subscriber YouTube dapat Anda lihat melalui data statistik atau sekarang ini melalui YouTube studio, namun ada juga channel yang tidak ingin jumlah subscribernya dilihat orang dengan cara tidak menampilkan berapa jumlah subscriber melalui pengaturan di channel YouTubenya.

Lalu kenapa subscriber menurun, dan apa penyebab subscriber youtube berkurang bahkan hilang?

Sekitar tanggal 13-14 Desember 2018 lalu pihak youtube memberi pemberitahuan melalui blog resmi mereka, bahwa mereka sedang melakukan pembersihan subscriber diseluruh channel youtube yang terbukti spam atau melanggar kebijakan dari youtube.

Hal tersebut dilakukan karena sampai saat ini masih banyak pemilik channel youtube yang melakukan cara curang untuk mendapatkan subscriber secara instan, dan untuk meningkatkan kualitas subscriber dan juga keseimbangan antara jumlah subscriber dan viewer.

Berikut ini adalah alasan penyebab subscriber channel YouTube berkurang:

Penonton Anda melakukan unsubscribe di channel Anda

Alasan ini menjadi yang pertama, karena penonton berhak untuk melakukan unsubscribe atau berhenti berlangganan dan tindakan ini jelas akan memengaruhi jumlah subscriber Anda. Untuk itu, agar penonton Anda tidak “lari” maka buatlah selalu konten yang menarik dan tidak membosankan.

YouTube hapus subscriber spam dari channel Anda

Spam yang dimaksud adalah kegiatan yang dilarang oleh YouTube dengan tujuan untuk menyesatkan, penipuan, dan lainnya. Lalu hal lainnya yang dilarang YouTube adalah melakukan pertukaran subscribe dengan Youtuber lai, membuat video yang diupload secara berulang, membuat judul tidak sesuai dengan video, membeli subscribe dari penyedia jasa.

Akun yang ditutup karena melanggar kebijakan YouTube

YouTube memiliki kebijakan yang sangat ketat dan harus dipatuhi oleh para konten kreator. Jika tidak, maka sanksi yang dikeluarkan adalah penutupan akun Youtube.

Apabila di antara subscriber Anda ada yang masuk dalam kategori melanggar aturan, maka akun mereka akan dihilangkan dari YouTube dan otomatis subscriber Anda jadi ikut berkurang.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });