Zona Hijau Baghdad Diserang Roket, Sementara Ini Belum Ada Laporan Korban Jiwa

Zona Hijau Baghdad Diserang Roket, Sementara Ini Belum Ada Laporan Korban Jiwa

Serangan roket di Zona Hijau berdekatan dengan Kedubes As di Baghdad, Irak. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Dari Baghdad, Irak, dilaporkan telah terjadi serangan roket pada hari Minggu kemarin. Pihak Militer Irak menyatakan sebuah roket ditembakkan ke arah Zona Hijau Baghdad, dimana merupakan lokasi bagi sejumlah kedutaan besar asing dan gedung pemerintahan.

Sejauh ini pihak keamanan Irak melaporkan bahwa tidak ada korban jiwa akibat serangan roket tersebut.

Dikutip dari Reuters, pada Minggu malam (19/05) sebuah ledakan terdengar di pusat kota Baghdad. Informasi ini juga disampaikan oleh dua sumber diplomatik yang berada di Baghdad.

"Serangan roket Katyusha jatuh di tengah-tengah Zona Hijau tanpa menimbulkan kerusakan", demikian penyataan singkat pihak militer.

Seperti diketahui, peluncur roket Katyusha merupakan jenis artileri roket yang mampu mengirim bahan peledak ke sasaran jauh lebih cepat dibanding artileri konvensional, namun kurang akurat.

Atas insiden ini juga dilaporkan, Kedutaan Besar AS di Baghdad dan konsulatnya di ibu kota wilayah Kurdistan Irak, Erbil tengah mengevakuasi beberapa staf mereka pekan ini.

Juru bicara Pemerintah AS mengatakan telah mengirim pasukan tambahan ke kawasan tersebut. Bahkan AS menduga serangan ini sebagai ancaman dari Iran terhadap kepentingan AS, termasuk dari milisi yang didukungnya di Irak.

Editor:Yazeed Alexander
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com