Wapres K.H. Ma’ruf Amin Pernah Menjadi Anggota DPRD DKI Termuda

Wapres K.H. Ma’ruf Amin Pernah Menjadi Anggota DPRD DKI Termuda

Wakil Presiden Indonesia K.H Ma'ruf Amin

JAKARTAINSIGHT.com | Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Joko Widodo-K.H. Ma’ruf Amin yang tengah berlangsung saat ini menjadi pusat perhatian masyarakat.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menjabat untuk periode kedua, sedangkan Kiai Ma’ruf Amin sebelumnya adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2015-2020 dan juga menjabat sebagai Rais Aam PBNU di periode yang sama.

Mengenal lebih dekat figur Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, Akrab disapa Abah Kiai Ma’ruf, dia juga membidangi beragam tanggung jawab. Semua dilaluinya secara luar biasa.

Beragam prestasi ditorehkan sejak muda, tokoh bangsa ini memiliki segudang pengalaman yang tidak hanya di bidang keagamaan, tetapi juga dunia politik.

Terbukti, Abah Kiai Ma’ruf Amin pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta termuda dari hasil pemilu pada tahun 1971. Figur bangsa yang luar biasa ini masuk melalui Partai Nahdlatul Ulama (PNU).

Pada saat itu, usianya masih 28 tahun. Menariknya, dia memimpin persidangan perdana DPRD DKI mendampingi anggota tertua, Sjamsidae Murdono (Golkar). Sejak dilantik 14 Oktober 1971, Abah Kiai Ma’ruf sudah diingatkan banyak hal.

Intinya, kepentingan umum harus diutamakan di atas keperluan lainnya. Apalagi, posisinya wakil dari seluruh rakyat DKI Jakarta. Hal ini juga yang ditekankan oleh Gubernur Ali Sadikin yang melantiknya, mewakili Menteri Dalam Negeri.

"Komitmen besar selalu dikedepankan Abah Kiai Ma’ruf. Kebijakan-kebijakan yang ditawarkan selalu pro rakyat. Mengakomodir kepentingan masyarakat luas. Tidak memandang latar belakang tertentu saja. Semua untuk kemaslahatan bersama. Dan, masyarakat selalu menerimanya dengan terbuka," jelas Gus Oqi, sapaan akrab dari Ahmad Syauqi.

Keberpihakan kepada rakyat pun mengantarkannya kembali menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. Kali ini Abah Kiai Ma’ruf memenangi kontestasi Pemilu 1977. Lalu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menjadi kendaraan politiknya. Waktu itu, PPP menjadi fusi dari partai-partai Islam.

Bersama PPP, Kiai Ma’ruf pun duduk sebagai Pimpinan Komisi A. Komisi ini membidangi urusan pemerintahan.

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });