Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia Akan Tercapai, Asalkan!

Indonesia Menjadi Lumbung Pangan Dunia Akan Tercapai, Asalkan!

Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Sebagai penunjang masyarakat Indonesia, sektor pertanian memerlukan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Untuk mencapai hal tersebut, menjadi penting diperhatikan adalah penyelesaian masalah-masalah yang selalu mengiringinya.

 Mencermati hal itu, Kementerian Pertanian jelas menjadi penanggung jawab utama yang tentunya bekerja sama dengan instansi-instansi terkait lainnya.

Masalah di pertanian salah satunya adalah persoalan kesejahteraan petani selaku aktor utama penopang sektor pangan nasional. Ini sangat penting guna meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian.

Motivasi adalah salah satu solusi agar petani menjadi lebih bergairah dalam memacu produktivitas produk-produk pertanian dengan kualitas yang memiliki nilai daya saing tinggi.

Prabowo Respatiyo Caturroso, mantan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian mengatakan, pemerintah harus menyiapkan program yang dapat menjadi motivasi para pejuang pangan nasional.

Motivasi itu timbul dari sistem dan struktur yang baik hingga menghasilkan budaya pertanian yang baik pula hingga tercapailah kesejahteraan bagi petani.

“Petani kita saat ini belum paripurna, petani hanya on farm. Kenapa di luar negeri petani sejahtera, karena mereka (petani-red) menjalankan semuanya on farm sampai of farm. Maksudnya petani terlibat mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi hingga pemasaran,” terang Prabowo saat dijumpai di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Tapi, lanjutnya, petani kita hanya menjalankan on farm saja, macul di sawah kemudian dijual gabahnya ke tengkulak. Untuk itulah dibutuhkan generasi muda milenial untuk mengembangkan sistem pertanian yang modern dengan manjalankan on farm sampai of farm.

Prabowo juga mengatakan jika produtivitas dan kualitas hasil tani sudah baik, maka pemerintah juga harus punya komitmen kuat dalam mengangkat motivasi para petani, semisal membeli produk petani dengan harga yang layak.

“Kalau misal sebelumnya gabah kering panen Cuma dibayar lima ribu rupiah per kilogram, maka dibeli oleh pemerintah Rp 10 ribu, pasti petani akan termotivasi karena pendapatan meningkat,” ujarnya.

Jika demikian, Prabowo melanjutkan, maka produktivitas juga akan meningkat, dan pada akhirnya swasembada pangan akan tercapai, lalu kedaulatan pangan juga tercapai. Dan akhirnya Indonesia menjadi lumbung pangan dunia juga pasti akan tercapai.

 

Penulis: Ganest
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });