Datangi Balai Kota, Ratusan Warga Sunter Tuntut Janji Anies Tolak Penggusuran

Datangi Balai Kota, Ratusan Warga Sunter Tuntut Janji Anies Tolak Penggusuran

Perwakilan warga Sunter pihak Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Ratusan warga asal Madura yang tinggal di Sunter Agung Perkasa, Jakarta Utara, mendatangi Balai Kota pada Senin (7/10/2019) untuk menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Mereka yang tergabung dalam Forum Warga Sunter Agung Perkasa menagih janji kampanye Anies yang pernah menyatakan akan membebaskan mereka dari penggusuran.

"Kami bagian dari jutaan pendukung dan turut andil memenangkan pasangan Anies – Sandi pada kampanye Pilgub lalu," kata perwakilan warga dalam keterangannya di gedung Balai Kota.

Warga turut menyampaikan bahwa mereka telah berjuang dengan banyak pengorbanan bagi Anies ketika kontestasi pemilihan gubernur DKI Jakarta lalu.

"Namun, kami sangat terkejut, pasca kebakaran terjadi tiga pekan silam muncul surat edaran dan himbauan agar semua warga di lingkungan kami tinggal segera mengosongkan dan membongkar sendiri bangunan/rumah kami dalam waktu singkat, itu berdasarkan deadline yang diharapkan aparat Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Utara," terang Warga.

Ancaman penggusuran di Jalan Sunter Agung, Jakarta Utara telah memicu polemik bagi warga Sunter yang selama ini bermukim di daerah tersebut.

Diketahui, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara telah melayangkan surat pemberitahuan penggusuran bagi warga yang sejak tahun 80-an menghuni kawasan itu. Peringatan penggusuran telah dilayangkan dua kali.

Warga yang diwakili Ketua LSM Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKRI) Ical Syamsudin mengatakan, pihaknya menentang keras penggusuran tersebut.

Menurut Ical, pihaknya sudah berusaha menghadap Wakil Walikota Jakarta Utara, perihal menyikapi surat peringatan kedua yang di layangkan ke warga yang terancam penggusuran dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Utara tertanggal 1 Oktober 2019.

"Pasalnya, pembicaraan kami saat itu terkesan cool dan sedikit ada harapan, karena apa yang dikatakan pak Wakil Walikota menganut azas kemanusiaan yang berkeadilan," ujarnya.

Dirinya menilai Wakil Walikota Jakarta Utara tersebut sangat merespon keinginan warga agar dicarikan solusi yang terbaik dan tidak terkesan ada yang dirugikan semua pihak.

"Karena ini menyangkut hajat orang banyak bahkan pentingnya diusulkan pendekatan persuasif dan dialog. Sebab itu mereka adalah penghuni yang sudah sekian lama menetap disana dan sangat pantas dimanusiakan," kata Ical.

Dari urutan proses tersebut, kini warga merasa faktanya bertolak belakang karena wakil walikota tidak lagi menjawab ketika dihubungi baik melalui telepon atau pun pesan singkat.

"Kami bersama warga beranggapan positif, mungkin beliau sibuk atau tengah berada di jalur lain sehingga menganggap hal ini tidak terlalu penting," ucap Ical.

Meski demikian, warga tetap pada pendirian untuk tetap bertahan di lokasi yang rencananya akan digusur ini.

"Kami menolak keras upaya mereka untuk melakukan penggusuran. Dengan segala resiko, kami tetap bertahan dan terus melawan dengan cara dan siasat yang akan kami tempuh melalui aksi unjuk rasa dan upaya jalur melalui hukum. Karena bagi kami, ini merupakan hak kami selaku warga negara," tegas Ical.

"Insya Allah, damai dan menghadirkan kesepahaman antara pemerintah dan warganya, sesuai jargon yang di canangkan pak Gubernur saat kampanya dulu," imbuhnya.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,5
Kamis, 05 Desember 2019 19:13:51

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510680910rohingya-exp-slide-4A9Q-superJumbo.jpg
INTERNASIONAL
1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510729521Mayjen-TNI-Doni-Monardo.jpg
NASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });