Ladies, Cara Merawat Rambut Berikut Salah Lho!

Ladies, Cara Merawat Rambut Berikut Salah Lho!

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Rambut bagi kaum wanita adalah mahkota yang harus terjaga keindahannya. Merawatnya adalah sebuah keharusan agar tidak menjadi rusak dan hilang pesona.

Namun alih-alih merawat rambut, sebagian wanita mala salah menerapkannya hingga bikin si rambut jadi rusak. Adapun perawatan rambut yang salah dijelaskan di bawah ini:

Terlalu sering menyisir

Terlalu sering menyisir rambut, membelai, atau menggunakan sampo akan merusak kutikula rambut. Padahal, kutikula merupakan lapisan luar rambut yang berfungsi untuk melindungi filamen di dalamnya. Hasilnya? Rambut rusak dan pecah-pecah.

Terlalu panas

Ketika tereskpos suhu panas yang tinggi, sel-sel pada kutikula rambut akan terpisah dan pecah, sehingga bagian filamen yang lembut di dalamnya terbuka. Rambut jadi lebih riskan rusak ketika tidak memiliki kutikula. Rambut akan kehilangan kehalusan dan kilaunya.

Jika menggunakan hair dryer tiap hari, aturlah panas medium dari bagian atas ke bawah. Jangan mengarahkan hair dryer ke segala arah karena akan membuat rambut kusut dan sulit diatur.

Kalau kamu harus memakai catok lebih dari sekali dalam 1 minggu, jangan lupa gunakan heat protector spray.

Terlalu banyak bahan kimia

Kebanyakan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai, mengeriting, atau meluruskan rambut tidaklah berbahaya, kecuali ketika dibiarkan terlalu lama dan digunakan terlalu sering.

Jangan mengeriting rambut lebih dari sekali dalam 120 hari. Hindari mengeriting dan mewarnai rambut di waktu yang bersamaan.

Berilah selisih waktu beberapa minggu. Bahan-bahan kimia dan proses yang digunakan untuk meluruskan rambut kemungkinan juga bisa menyebabkan kerontokan rambut permanen.

Mengikat rambut terlalu kencang

Tekanan karet yang digunakan untuk membuat kuncir kuda atau kepang rambut bisa merusak kutikula rambut dan membuatnya pecah-pecah.

Apapun yang menyebabkan tekanan pada folikel rambut dalam jangka waktu yang lama, termasuk kepang atau hair extension, dapat mencabut rambut dari akarnya dan memicu kebotakan.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });