Harga 10 Kali Lipat Lebih Murah, Urusan Gizi Ikan Kembung Ungguli Salmon

Harga 10 Kali Lipat Lebih Murah, Urusan Gizi Ikan Kembung Ungguli Salmon

Ikan Kembung disebut lebih padat nutrisi dibandingkan ikan Salmon / foto (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Ikan salmon dikenal sebagai ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, Selain mengandung banyak protein, salmon juga dikenal sebagai ikan yang kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Wajar saja ikan ini dipasaran dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan ikan lain seukurannya.

Kendati demikian, kandungan nutrisi pada ikan salmon rupanya bukanlah yang paling tinggi dibandingkan dengan sejumlah ikan lainnya, sebut saja ikan kembung yang ruoanya memiliki kandungan gizi hampir dua kali lipat dari salmon.

Salah satu hal yang membuat ikan salmon spesial sebenarnya terletak pada kandungan omega 3-nya. Namun menurut pakar kesehatan, kandungan omega pada ikan salmon tersebut ternyata tidak sampai separuh kandungan omega 3 pada ikan kembung.

Menurut Dr. Ir. Diah M Utari, M.Kes, ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), ikan kembung mengandung 2,6 g omega 3 sedangkan salmon hanya 1,4 g.

Selain itu, kandungan lemak baik atau lemak tak jenuh rantai ganda (PUFA/Omega 9) dan lemak tidak jenuh tunggal (MUFA/Omega 6) pada ikan kembung juga ternyata lebih unggul dibanding ikan yang umumnya hidup di di perairan Eropa dan Amerika (salmon) tersebut.

MUFA dan PUFA bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan komplikasi penyakit tersebut seperti stroke, aritmia dan serangan jantung.

Dengan berbagai manfaat serta kandungan yang lebih kaya dibanding ikan salmon, ikan kembung terbilang jauh lebih murah hampir 10 kali lipat jika dibandingkan ikan salmon.

Jika dari segi kandungan nutrisi dan harga jauh lebih murah, ikan kembung seharusnya jauh lebih populer dibanding salmon, hanya saja citra ikan salmon sudah lebih populer dibandingkan ikan kembung.

 

 

 

 

Berbagai sumber.

 

 

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });