Terkait Swasembada dan Ketahanan Pangan, Prabowo: Petani Harus Dimotivasi!

Terkait Swasembada dan Ketahanan Pangan, Prabowo: Petani Harus Dimotivasi!

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Swasembada dan ketahanan pangan saat ini masih menjadi harapan dan keinginan bangsa Indonesia. Dalam mencapai apa yang diharapkan tersebut, sektor pertanian menjadi salah satu yang utama diandalkan.

Hanya saja sangat disayangkan, petani sebagai produsen hingga saat ini masih mengalami berbagai kendala yang belum sepenuhnya teratasi.

Salah satunya adalah masalah kesejahteraan, menurut Prabowo Respatiyo Caturroso, sebagai orang yang fokus mengamati masalah pertanian mengatakan, petani Indonesia 65% dari total penduduk di negara agraris ini mayoritas miskin bahkan dibawah garis kemiskinan.

"Oleh karena itu, kita harus benar-benar memahami bahwa produsen pangan adalah petani. Kalau si produsen pangan ini masih terus menderita kerugian dan kemiskinan, maka mimpi swasembada pangan, ketahanan pangan, kedaulatan pangan, lumbung pangan nasional sulit untuk dicapai atau bisa tercapai tetapi tidak sustainable," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2019).

Prabowo, yang merupakan mantan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, menjelaskan bahwa permasalahan yang dihadapi manusia seperti matematika.

Sehingga, katanya, masalah pertanian harus dituntaskan dengan ‘matematika’ yaitu P = f (M,A) dimana P: produksi dan produktivitas; f = fungsi; M: Motivasi; A: Ability.

"Produsen pangan atau petani harus terus di motivasi (M) dengan membeli produk pangan yang dihasilkan dengan harga tinggi (menguntungkan) petani (oleh Pemerintah), maka dijamin produksi dan produktivitas pangan akan terus meningkat karena terus termotivasi. Dengan catatan, petani ‘Ability (A)/kemampuan bertaninya sudah cukup kuat," terang Prabowo.

Lebih lanjut ia mengatakan, harus ada anggaran khusus untuk membeli produksi pangan yang diproduksi oleh petani (on farm), pemerintah ‘tidak rugi’ karena menguasai hasil produksi tersebut, yang kemudian bisa diolah menjadi barang jadi (siap saji) yang berkualitas yang dikelola baik agroindustri dan agribisnisnya oleh generasi-generasi muda tani milenial Imdonesia.

"Saya yakin Tuhan Yang Maha Esa akan memberkati kita karena Tuhan memiliki sifat ‘Sangat Matematis’," tutupnya.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Ganest

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });