Diduga Jadi Penggalang Dana Demo Mahasiswa, Musisi ini Ditangkap Polisi

Diduga Jadi Penggalang Dana Demo Mahasiswa, Musisi ini Ditangkap Polisi

Sosok musisi yang ditangkap berkaitan dengan demo mahasiswa di DPR. (istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Aparat keamanan melakukan penangkapan terhadap seorang musisi yang diduga sebagai penggalang dana untuk demo Mahasiswa. Ananda Badudu, demikian nama sang musisi, dijemput tim dari Polda Metro Jaya pada subuh ini.

Dalam pengakuannya, Ananda menyampaikan bahwa dia ditangkap karena mentransfer dana untuk massa aksi di DPR. Ananda memberikan pernyataan tentang alasan penangkapannya oleh polisi melalui akun Twitter-nya @anandabadudu pada pukul 04.34 WIB, Jumat (27/9/2019).

"Pihak kepolisian (Polda) membawa saya dengan alasan saya mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa," kata Ananda.

Sebelumnya diketahui bahwa Ananda secara terbuka telah melakukan penggalangan dana untuk aksi mahasiswa di depan DPR pada Senin dan Selasa lalu. Penggalangan dana mendukung aksi mahasiswa muncul di situs kitabisa. Ananda juga aktif menuliskan informasi terkait penanganan korban aksi tersebut.

Sedikit informasi tentang sosok Ananda, yang mulanya dikenal sebagai musisi. Dia bersama Rara Sekar mendirikan band folk bernama Banda Neira pada akhir tahun 2012 di Bandung. Dalam band ini, Ananda menjadi gitaris, pencipta lagu dan vokalis. (detikcom)

Tak beberapa lama Band Neira semakin dikenal oleh publik, khususnya anak muda. Band ini juga berhasil mengeluarkan dua album bertajuk Di Paruh Waktu (2013) dan Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti (2016). Namun sayang, pada tahun Desember 2016 band ini bubar.

Ananda yang aktif sebagai musisi, juga dikenal cucu dari tokoh Bahasa Indonesia Jus Badudu sempat berkarya sebagai jurnalis. Majalah Tempo dan VICE Indonesia adalah dua tempatnya bekerja saat jadi jurnalis.

Pada saat menggelar aksi demo bersama mahasiswa di DPR, Ananda juga turut menyatakan tuntutannya. Ananda menilai beberapa RUU yang akan disahkan oleh DPR berpolemik menciderai demokrasi.

Selanjutnya dia juga menyoroti pelemahan KPK oleh DPR dan masalah di Papua hingga kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. Petani, kata dia, terancam oleh RUU yang berpihak pada pemodal. Sistem kerja baru yang tercantum dalam RUU Ketenagakerjaan disebut membuat buruh dan pekerja semakin rentan dieksploitasi.

"Mahasiswa meyakinkan bahwa aksi ini bukan untuk menggulingkan Jokowi dari kursi kepresidenan, melainkan menuntut agar kebijakan-kebijakan Jokowi sejalan dengan janji-janjinya sendiri," imbuhnya.

Sementara itu, pihak Polda Metro Jaya belum bisa dimintai konfirmasi terkait kasus Ananda. 


Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });