Caleg DPR RI Fraksi Gerindra Bingung Namanya Tiba-tiba Digantikan Mulan Jameela

Caleg DPR RI Fraksi Gerindra Bingung Namanya Tiba-tiba Digantikan Mulan Jameela

Sumber gambar : Tribunnews.com

JAKARTAINSIGHT.com | Masuknya nama Mulan Jameela sebagai anggota DPR Fraksi Partai Gerindra periode 2019 - 2024 menjadi sorotan, pasalnya istri dari musikus Ahmad Dhani tersebut kalah dalam hal perolehan suara dari caleg Gerindra lain yakni Ervin Luthfi untuk dapil Jawa Barat XI.

Alih-alih maju sebagai anggota DPR, Ervin Luthfi justru diberhentikan pihak Gerindra dan namanya digantikan oleh Mulan Jameela. Penggantian itu tertuang dalam surat Komisi Pemilihan Umum bernomor 1341/PL.01.09-Kpt/06/KPU/IX/2019 bertanggal 16 September 2019.

Dalam keterangannya, KPU menyatakan Mulan Jameela menggantikan Ervin Luthfi (peringkat ke-3 suara sah) dan Fahrul Rozi (peringkat ke-4 suara sah) karena Ervin dan Fahrul diberhentikan dari partai.

Seperti dikutip laman Tempo.com, Ervin mengaku tak tahu mengapa dirinya diberhentikan. Dia mengaku belum pernah dipanggil oleh partai maupun menerima surat pemecatan tersebut. Ervin pun menyebut cara semacam ini di luar pemahaman organisasi yang diketahuinya.

Selain Ervin, ada tiga caleg lainnya yang mengalami hal serupa dengan Ervin, diantaranya Sigit Ibnugroho Sarasprono, Yusid Toyib, dan Steven Abraham.

Keempatnya dikabarkan bakal menempuh pihak partai ke Pengadilan Negeri dan KPU ke PTUN.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com