Tips Memilih Fintech Resmi Ala Cashwagon

Tips Memilih Fintech Resmi Ala Cashwagon

Asri Anjarsari, CEO PT Cashwagon Indonesia.

 JAKARTAINSIGHT.com | Hadir dalam acara Fintech Summit (IFSE) 2019, PT Cashwagon Indonesia selaku salah satu perusahaan pendanaan asal Rusia memberikan beberapa tips kepada masyarakat dalam memilih lembaga atau perusahaan financial technology (fintech) yang resmi. Melalui platform pendanaan bernama Cashwagon dan sudah terdaftar di OJK, otomatis perusahaan ini sudah resmi operasionalnya.

Berdiri sejak tahun 2017 Cashwagon telah banyak andil dan aktif dalam berbagai kegiatan yang menyangkut inclusi keuangan, termasuk kehadirannya di IFSE kali ini. Cashwagon sendiri sudah memiliki nasabah yang mencakup hampir di seluruh Indonesia.

Seperti dijelaskan oleh Asri Anjarsari selaku CEO PT Cashwagon Indonesia yang juga aktif di asosiasi fintech yang mengatakan bahwa buruknya image fintech belakangan ini yang disebabkan oleh pelaku-pelaku nakal atau perusahaan yang legalitasnya tidak jelas. Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah baik bagi OJK sebagai regulatornya maupun para perusahaan fintech yang ada didalamnya.

"Inilah yang menjadi pekerjaan kita semua, baik pelaku bisnis fintech sendiri, Asosiasi, bahkan OJK dalam mengedukasi serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak sembarangan memilih ilegal company yang nantinya akan mendatangkan kerugian," jelas Asri, disela-sela pameran IFSE 2019 di JCC, Jakarta.

Lebih jauh Asri juga menekankan agar masyarakat lebih selektif saat akan memilih perusahaan fintech untuk membantu usaha bisnisnya. Apabila pengajuan persyaratan sangat mudah tanpa melalui seleksi dan penyaringan yang ketat, maka haruslah diwaspadai. Apalagi bila perusahaan tersebut tidak memiliki kantor usaha yang jelas.

"Sebaiknya sebelum memilih perusahaan fintech, masyarakat lebih dahulu mengetahui perusahaan mana saja yang sudah memiliki ijin dan legalitas, utamanya dari OJK," tambah Asri.

Asri juga memberikan tips mudah dalam membedakan mana fintech yang sudah memilikinlegalitas dan mana yang belum. Berikut 3 hal yang harus diketahui dalam memilih inclusi keuangan yang benar sebelum mengadakan kerjasama, yaitu:

1. Terdaftar di OJK

2. Memiliki kantor dengan alamat yang jelas.

3. Perhatikan syarat dan ketentuan yang ada

4. Mudah dalam pengambilan atau pencairan, tanpa embel-embel dikemudian hari.

Dari keempat hal diatas, sebagai informasi tambahan saat ini ada sekitar 127 perusahaan Fintech yang sudah mendapatkan legalitas dari OJK.

"Jadi, kami dari Cashwagon berharap bahwa masyarakat sudah lebih cerdas dan paham tentang Fintech ataupun memilih rekan bisnis dalam hal pendanaan usaha. Hal ini agar usaha maupun bisnis yang sedang dijalankan bisa meraih keuntungan yang positif, bukan kerugian yang diderita," pungkas Asri.

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com