Jakarta Berencana Selenggarakan Balap Mobil Formula E, Mampukah PLN Siapkan Pasokan Listrik?

Jakarta Berencana Selenggarakan Balap Mobil Formula E, Mampukah PLN Siapkan Pasokan Listrik?

Balapan mobil Formula E. (istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Wacana tentang Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Balap Mobil Formula E tahun 2020 mendatang mendapat tanggapan miring. Apa sebab? Keraguan yang timbul adalah mengenai ketersediaan pasokan listrik. Seperti diketahui, Formula E adalah sebuah balapan mobil bertenaga listrik (Elektrik). Bagaimana tanggapan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero terkait wacana ini.

Mengingat balapan ini akan membutuhkan banyak energi, yang tentunya PLN harus siap dan bisa memasok kebutuhan listrik yang nantinya dibutuhkan.

"Secara teknis belum obrolin, tapi CEO-nya kemarin bilang sekitar 200 kontainer yang akan datang," kata Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya Tris Yanuarsyah.

Pada kegiatan ini PLN mempertegas bahwa tugasnya hanya sebagai pemasok daya, sedangkan infrastruktur pengisian untuk balapan Formula E ini diserahkan kepada masing-masing tim.

"Karena kendaraan (mobil) yang digunakan berbeda-beda, kemungkinan PLN hanya menyediakan daya listriknya saja. Sedangkan alat pengisian mereka (masing-masing) yang siapkan," jelas Tris lagi.

PLN sendiri sebenarnya memiliki alat pengisian daya kendaraan listrik buatan dalam negeri. Dan rencananya dalam balapan ini, PLN akan memasang 4 titik SPKLU di sekitaran sirkuit Monas nantinya.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com