PT KAI Daop I Sosialisasi Aturan Keselamatan Jalur Perlintasan Sebidang

PT KAI Daop I Sosialisasi Aturan Keselamatan Jalur Perlintasan Sebidang

Kegiatan sosialisasi PT KAI tentang aturan keselamatan jalur perlintasan sebidang (ganest/jakartainsight.com)

JAKARTAINSIGHT.com | PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) I Jakarta melakukan sosialisasi tentang aturan keselamatan perlintasan sebidang di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut, dikatakan Eva Chairunisa, Humas PT KAI Daop I, bertujuan untuk mengingatkan pengendara akan bahaya jalur perlintasan sebidang dan juga sesuai dengan pasal 114 UU No.22 Tahun 2009.

"Sesuai Undang-Undang memang jalur perlintasan sebidang memang harusnya sudah tidak ada, jadi harus dibuatkan fly over atau underpass. Untuk perlintasan sebidang yang masih ada dan dijaga juga tetap ada potensi kecelakaan, karena cukup banyak juga pengendara yang masih tidak mengutamakan keselamatan," terang Eva, ditemui saat kegiatan sosialisasi, Rabu (18/9/2019).

Ia juga menyampaikan bahwa imbauan keselamatan di perlintasan sebidang bagi masyarakat telah diatur dalam Pasal 114 UU No.22/2019 yang menyebut: Wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan atau ada isyarat lain.

Lebih lanjut Eva menjelaskan pihaknya telah menyepakati dengan beberapa instansi seperti Pemerintah Daerah, Kepolisian, Jasa Raharja, Walikota dalam sebuah forum diskusi terkait tanggung jawab perlintasan sebidang.

"Hasilnya adalah kita menyepakati bersama pada perlintasan sebidang yang masih ada untuk diadakan sosialisasi berkala. Dan juga bagi perlintasan sebidang yang sudah diprogramkan untuk dibuatkan underpass atau fly over oleh pemda setempat agar segera dieksekusi," paparnya.

Untuk Jakarta sendiri, lanjut Eva, masih terdapat sekitar 450 jalur perlintasan sebidang. Kemudian setengahnya itu adalah perlintasan liar dan tidak dijaga.

"Dari hasil kegiatan ini juga diharapkan nantinya akan bisa memberikan rekomendasi kepada pihak terkait untuk dapat dibuatkan underpass atau fly over," pungkasnya.

Dalam sosialisasi PT KAI dengan menggandeng Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Unit Dikyasa Polres Metro Jakarta Selatan juga dilakukan tindakan tegas bagi pengendara yang melanggar aturan tersebut. Adapun penindakan dari petugas kepolisian adalah dengan melakukan tilang.

Sosialisasi ini juga diadakan pada beberapa wilayah Jakarta Selatan selain di Bukit Duri, di antaranya jalur perlintasan Stasiun Kalibata dan Volvo.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Yazeed Alexander

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });