Cukai Naik 23 Persen, Berikut Harga Rokok Beberapa Negara di Dunia!

Cukai Naik 23 Persen, Berikut Harga Rokok Beberapa Negara di Dunia!

Ilustrasi rokok (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan cukai hasil tembakau (CHT) atau rokok sebesar 23 persen. Keputusan itu diutarakan Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jumat (13/9/2019).

“Kita semua akhirnya memutuskan untuk kenaikan cukai rokok ditetapkan sebesar 23 persen,” kata Sri Mulyani.

Dengan naiknya cukai rokok tersebut, otomatis harga eceran rokok di pasaran juga akan ikut naik yakni sebesar 35 persen. Kenaikan cukai dan harga jual rokok ini mulai berlaku pada 1 Januari 2020 dan akan ditetapkan dalam peraturan menteri keuangan (PMK).

Langkah tersebut diambil pemerintah dalam rangka mengurangi konsumsi tembakau atau rokok di masyarakat, terutama perempuan dan anak-anak yang tercatat mengalami peningkatan, selain juga untuk menjaga penerimaan negara dari sektor cukai.

Melihat besaran kenaikan cukai dan harga rokok dalam negeri untuk mengendalikan konsumsi rokok dengan alasan kesehatan, rasanya penasaran juga mengetahui bagaimana harga rokok di negara-negara lainnya di dunia. Berikut harga rokok beberapa negara di dunia:

Australia

Negara tetangga Indonesia ini menetapkan harga rokok yang luar biasa mahal yakni 14,80 Pound Sterling, atau setara dengan Rp271 ribu, harga ini menjadi temahal di dunia. Adapun alasan ditetapkan harga tersebut adalah agar warganya tidak merokok di sembarang tempat, tentunya selain alasan kesehatan.

Selandia Baru

Negara ini juga memiliki harga rokok yang fantastis. Guna mengendalikan jumlah perokok di negaranya, Selandia Baru menetapkan harga rokok per bungkus sebesar Rp240 ribu. Selain itu bagi perokok yang melanggar aturan merokok (merokok di sembarang tempat) akan dikenakan denda.

Inggris

Menyusul dua negara Australia dan Selandia Baru, harga rokok di Inggris juga tidak bisa dibilang murah di mana negara ini menjual rokok dengan harga 10 Pound Sterling atau sekitar Rp172 ribu.

Amerika Serikat

Memang negara ini terkenal dengan sebutan negara bebas, tapi rupanya tak sebebas yang dibayangkan, karena ternyata untuk rokok saja negara ini punya aturan ketat dan harga terbilang mahal yakni 9,7 Pund Sterling atau sekitar Rp 169 ribu.

Islandia

Tidak hanya harga yang mahal di mana rokok di Islandia dijual dengan harga Rp 125 ribu, tapi untuk membelinya pun konsumen harus menunjukkan kartu identifikasi sebagai bukti telah berusia diatas 18 tahun. Selain itu rokok juga menjadi barang dengan pengawasan ketat, dan merokok di tempat umum juga dilarang.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510680910rohingya-exp-slide-4A9Q-superJumbo.jpg
INTERNASIONAL
1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510729521Mayjen-TNI-Doni-Monardo.jpg
NASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });