Perkuat Eksistensi Pasar Tradisional di Era Digital, Polimedia Kreatif Gaungkan Kampanye MainKePasar

Perkuat Eksistensi Pasar Tradisional di Era Digital, Polimedia Kreatif Gaungkan Kampanye MainKePasar

Mahasiswa Periklanan Politeknik Media Kreatif Gelar Kampanye Sosial #MainKePasar / JakartaInsight doc

"Kampanye sosial bertajuk #MainKePasar ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda kepada mahasiswa yang sebagian besar sudah menjadi bagian dari generasi milenial dan genZ, yang relatif jarang mengunjungi pasar tradisional." 

 

JAKARTAINSIGHT.com | Sebagai salah satu upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (Polimedia Kreatif) menginisiasi kampanye (gerakan) bertajuk  #MainKePasar (6/9) di salah satu pasa tradisional di Jakarta Selatan.

Koordinator Program Studi Periklanan #MainKePasar, Rizky Kertanegara mengungkapkan, gerakan ini lahi dilatarbelakangi oleh salah satu fenomena memasuki era digital, dimana budaya pergi ke pasar tradisional sudah mulai terkikis, terlebih dengan munculnya berbagai alternatif tempat perbelanjaan modern, mulai dari pasar swalayan, convenience store, hingga platform jual beli online.

Rizky menambahkan bahwa sampai saat ini, pasar tradisional sebagai salah satu pusat perekonomian suatu wilayah merupakan potensi serta landmark yang memiliki karakteristik berbeda dengan pasar swalayan, maupun platform jual beli online. Salah satu potensi yang dapat dikembangkan dari pasar tradisional pada saat sekarang ini adalah dengan menjadikan pasar tradisional sebagai salah satu objek wisata urban, yang dapat memberikan pengalaman berbeda bagi para generasi milenial dan genZ. 

Koordinator Program Studi Periklanan #MainKePasar, Rizky Kertanegara.

 

“Dengan kampanye bertajuk #MainKePasar ini, kami juga berharap mahasiswa di program studi periklanan mendapatkan experience yang baru dan berbeda. Pengalaman itu nantinya mereka bagikan melalui akun media sosial mereka, sehingga dapat memancing generasi milenial, bahkan generasi Z yang lebih muda untuk mendapatkan pengalaman baru di pasar tradisional juga,” jelas Rizky.

#MainKePasar diyakini dapat membantu para pedagang di pasar tradisional mendapatkan exposure di kalangan generasi milenial yang saat ini menjadi segmen yang jarang mengunjungi pasar tradisional.

Menanggapi inisiasi tersebut, Difa Nasution selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Periklanan Polimedia Jakarta pun menyambut baik kegiatan kampanye sosial #MainKePasar. Difa menganggap, kolaborasi antara mahasiswa dan dosen di program studi periklanan Polimedia ini dapat mengoptimalkan fungsi tri dharma perguruan tinggi, terutama yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat. 

“Kampanye sosial #MainKePasar yang melibatkan peran aktif antara dosen dan mahasiswa di prodi periklanan Polimedia menjadi bentuk kolaborasi yang ideal dari kampus ke masyarakat. Terlebih, sebagai mahasiswa periklanan, saat ini memerlukan wadah pengabdian masyarakat yang sesuai dengan bidang studi yang sedang dipelajari. Mahasiswa juga dapat mengetahui secara langsung bagaimana membentuk strategi komunikasi pemasaran, terutama di era digital 4.0 seperti saat ini,” tutup Difa. 
 
Program Studi Periklanan Politeknik Negeri Media Kreatif sendiri merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media Kreatif. Mulai menerima mahasiswa sejak 2010, Prodi Periklanan telah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pekerjaan pada bidang periklanan.
 
Kurikulum Prodi Periklanan mengacu pada 4 (empat) standar kompetensi bidang Periklanan, yakni Membuat Perencanaan Periklanan (Account Planning), Mengelola Hubungan dengan Klien (Account Service), Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan (Creative), dan Merancang Strategi dan Pembelian Media (Media).
 
Pengajaran pada Prodi Periklanan di PoliMedia lebih menitikberatkan pada metode praktik aplikatif yang membuat para lulusannya dapat langsung bekerja di dunia industri.

 

Penulis: Addo
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });