Dewan Majelis Adat Betawi Tunjuk Haji Oding Jabat ketum Bamus Betawi 2019-2023

Dewan Majelis Adat Betawi Tunjuk Haji Oding Jabat ketum Bamus Betawi 2019-2023

Pelantikan Ketua Umum Bamus Betawi 2019-2023, Padepokan Silat TMII, Minggu (25/8)

foto : Jakartainsight doc

JAKARTAINSIGHT.com | Bertempat di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu 25 Agustus 2019 kemarin, Ketua Dewan Majelis Adat Betawi Mayjen TNI (Purn.) Eddie Marzuki Nalapraya resmi melantik kepengurusan baru Bamus Betawi periode 2019-2023.

Terpilih menjabat Ketua Umum Bamus Betawi 2019-2023, H. Zainudin atau akrab disapa haji Oding dalam kesempatan tersebut menyampaikan, "Sebagai masyarakat adat ibukota dan putra asli daerah orang Betawi merasa sangat berkepentingan untuk menjaga peradaban adat istiadat dan budaya orang Betawi. Ruh orang Betawi di situ. Kalau ruh peradaban ini hilang maka kaum Betawi tidak akan seperti sekarang ini," ujarnya.

Lebih jauh Oding juga menambahkan pihaknya berterima kasih kepada gubernur sebelumnya (Basoeki T.P / Ahok) yang telah meletakkan dasar yang kuat dan memenuhi orang Betawi untuk menjadikan orang Betawi sebagai putra asli daerah dan budayanya diakui sebagai ciri khas ibukota.

Sejumlah pengurus baru Bamus Betawi 2019-2023 terpilih / foto Jakartainsight doc.

Ketua Dewan Majelis Adat Betawi Mayjen TNI (Purn.) Eddie Marzuki Nalapraya memberikan

penghargaan berupa sebilah Golok kepada tokoh Betawi, Harianto Badjoeri

 

Namun dirinya menyampaikan bahwasannya peraturan yang telah dibuat oleh gubernur sebelumnya tersebut belum ditindak lanjuti oleh gubernur yang sekarang (Anies Baswedan), sehingga dirasakan belum optimal. 

"Insyaallah dengan terpilihnya kepengurusan baru ini kami akan terus kawal Pergub tersebut agar visi dari tujuan awal Bamus Betawi ini bisa terlaksana sebagaimana mestinya," sambung Oding.

Selain melantik kepengurusan baru Bamus Betawi periode 2019-2023, dalam kesempatan tersebut Eddie Marzuki Nalapraya juga memberikan penghargaan berupa golok terhadap tokoh Betawi Ketua Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) DKI Jakarta, Harianto Badjoeri terhadap kontribusinya menjaga kebudayaan budaya Betawi serta pernyataan sikap terkait konflik di Papua bahwa pihaknya menjamin keamanan masyarakat papua yang ada di DKI.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com