Lakukan Cara Berikut untuk Atasi Sakit Kepala Saat Haid!

Lakukan Cara Berikut untuk Atasi Sakit Kepala Saat Haid!

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Ketika datang bulan atau haid tiba, kaum wanita kerap dilanda situasi kurang mengenakkan seperti mood yang kacau, atau juga keluhan sakit kepala.

Walaupun gangguan menstruasi terbilang lumrah, tapi tetap saja cukup mengganggu aktivitas.

Berikut tips dan cara-cara yang perlu diketahui untuk meredakan atau mencegah sakit kepala saat haid!

Kompres dingin

Untuk meredakannya, Anda bisa mengandalkan kompres dingin. Caranya, letakkan lap dingin atau ice pack pada area di kepala atau leher yang terasa nyeri. Bungkus ice pack atau es batu dengan waslap atau handuk kecil untuk melindungi kulit.

Minum obat pereda nyeri

Bila keluhan sangat mengganggu, sakit kepala bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan pereda nyeri. Obat-obatan tersebut meliputi golongan antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), dihydroergotamine (DHE), triptans, serta kombinasi aspirin, asetaminofen, dan kafein.

Meski banyak dijual bebas, tetapi penggunaan obat-obatan tersebut harus di bawah pengawasan dokter dan hanya boleh dilakukan dalam periode singkat.

Olah raga ringan

Selain dengan konsumsi obat, nyeri kepala saat haid juga bisa diatasi dengan aktivitas fisik ringan. Olahraga seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga mampu memicu tubuh melepaskan hormon endorfin.

Salah satu kerja hormon ini dalam mengatasi sakit kepala adalah dengan meningkatkan ambang rangsang nyeri. Jadi, sakit kepala akan terasa jauh lebih ringan.

Tidur cukup dan relaksasi

Selain olahraga, endorfin juga bisa dipicu produksinya dengan tidur malam yang cukup, relaksasi, atau bisa juga dengan pijatan ringan dan mandi air hangat.

Jika cara-cara di atas tak juga bisa menghalau nyeri kepala muncul saat haid, terapi hormon bisa menjadi solusi. 

Hormon yang diberikan dengan dosis tertentu ini dapat menekan produksi alaminya di dalam tubuh, sehingga kadarnya akan lebih stabil sepanjang bulan. Namun, tentu saja pelaksanannya harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter.

Jelas sudah alasan kenapa beberapa wanita sering mengalami sakit kepala saat haid. Mengenal penyebab dan cara mengatasinya bisa menjadi solusi agar masalah yang sama tidak terjadi tiap siklus haid tiba. Dengan berkurangnya keluhan saat menstruasi berlangsung, produktivitas Anda tentu tak akan terganggu.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });