Tim Robotik UNY Raih 5 Penghargaan di FIRA

Tim Robotik UNY Raih 5 Penghargaan di FIRA

Tim robotik UNY raih 5 penghargaan di FIRA 2019. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Sambut HUT RI ke-74 tahun ini, sekaligus memberikan kado bagi bangsa dan negara Tim Robotik dari Universitas Negeri Yogyakarta yang turun diajang kompetisi robot internasional berhasil meraih 5 penghargaan sekaligus. Momen ini akan dikenang dengan manis oleh mereka (tim Robotika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)) selamanya.

Keikutsertaan tim Robotik UNY ini untuk pertama kalinya di kompetisi robot Federation of Internasional Robot-Sports Association (FIRA), namun langsung berbuah manis. 

Digelar di Changwon, Korea Selatan, ajang FIRA diikuti oleh beberapa negara besar yang sudah maju dalam hal robotik, antara lain China, Kanada, Korea Selatan, dan Russia. Kompetisi FIRA sendiri terdiri dari kompetisi robot sport yang meliputi FIRA Robosot, FIRA Hurocup,FIRA Androsot, FIRA Air, dan FIRA Challenge yang dikenal dunia internasional.

"Robotika UNY mengirimkam dua tim untuk mengikuti kategori Robosot dan Hurocup. Tim Mobo-evo dan Aros merupakan delegasi UNY untuk mengikuti kategori Robosot dan Hurocup," ujar Julizar, Ketua umum Robotika UNY seperti dikutip dari detiknet.

Untuk kategori Robosot, tim Mobo-evo mendapatkan juara 1 Robosot Soccer Competition dengan skor 6 untuk Mobo-evo dan skor 4 untuk TKU dari Taiwan. 

Kemudian, mereka juga menyabet juara 1 Localization Challenge dan juara 3 Passing Challenge. Dilanjutkan dalam kategori Hurocup, tim Robotika UNY mendapatkan juara 2 Triple Jump dengan jarak 73 cm dan juara 2 Sprint Hurocup.

Jacky Baltes selaku Presiden FIRA turut memberikan pujian atas kinerja dan performa tim UNY ini. "Tidak menyangka, (mereka) pertama kali ikut, langsung bisa mendapatkan juara," ujarnya.

Meski pulang dengan membawa 5 penghargaan sekaligus, tim Robotika UNY sempat mengalami kendala yang cukup sulit terutama dari tim robosot Mobo-evo. 

"Bola yang disediakan panitia lebih besar dan berbeda dari bola yang kita siapkan sebelumnya, namun dapat teratasi dengan baik," terang Julizar. 

Untuk tim Aros, Chrisna selaku ketua tim, mengakui banyak kendala yang dihadapi terutama pada lapangan yang tidak rata pada line sprint dan robot yang sering mengalami eror.

Meski demikian, semua kendala ini justru memberikan pengalaman dan masukan untuk Tim Robotika UNY ke depannya, sebagai bekal mengikuti ajang kompetisi internasional lainnya.

"Lima penghargaan yang diraih tim Robotika UNY dipersembahkan untuk Dirgahayu Republik Indonesia ke-74," tutup Julizar. 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });