Protes Latihan Militer AS-Korsel, Korut Kembali Tembakkan Rudal

Protes Latihan Militer AS-Korsel, Korut Kembali Tembakkan Rudal

Korea Utara kembali tembakkan rudal (Chung Sung-Jun/Getty Images)

JAKARTAINSIGHT.com | Korea Utara (Korut) kembali menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut. Menurut militer Korea Selatan, aksi tersbut merupakan yang terbaru dalam serangkaian peluncuran untuk memprotes latihan militer bersama AS-Korea Selatan.

Para pejabat pertahanan di Seoul mengatakan rudal itu ditembakkan Sabtu (10/8/2019) pagi dari dekat kota Hamhung di Korea Utara timur laut, terbang 400 km pada ketinggian sekitar 48 km sebelum jatuh di laut antara Semenanjung Korea dan Jepang.

"Militer kami sedang memantau situasi jika ada peluncuran tambahan sambil mempertahankan postur kesiapan," kata kepala staf gabungan militer Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat AS mengatakan setidaknya satu proyektil diluncurkan dan tampaknya mirip dengan rudal jarak pendek yang sebelumnya ditembakkan oleh Pyongyang.

Itu adalah putaran kelima peluncuran dalam dua minggu, dengan pemimpin Korut Kim Jong Un memberi label mereka "peringatan serius" atas latihan militer bersama yang dimulai pada hari Senin.

Kantor kepresidenan Seoul mengatakan tes itu kemungkinan bertujuan memverifikasi keandalan senjata yang baru dikembangkan Korut dan juga menunjukkan ketidaksenangan atas latihan sekutu.

Sementara pihak Korut tidak segera mengomentari peluncuran terbaru.

Tes pada hari Sabtu terjadi beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dia telah menerima "surat yang sangat indah" dari Kim dan menegaskan bahwa dia tidak terganggu oleh kesibukan baru-baru ini dari senjata jarak dekat yang diluncurkan.

"Saya akan mengatakannya lagi. Tidak ada uji coba nuklir. Uji coba rudal semuanya jarak pendek. Tidak ada uji coba rudal balistik. Tidak ada rudal jarak jauh," kata Trump kepada wartawan, Jumat (9/8//2019).

Sumber: Al Jazeera

 

 

Editor:Yazeed Alexander
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com