Iran Akan Tindak Tegas Israel Jika Bantu AS di Selat Hormuz

Iran Akan Tindak Tegas Israel Jika Bantu AS di Selat Hormuz

Tentara Amerika Serikat di Selat Hormuz (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Iran beri peringatan keras kepada Israel agar tidak membantu misi Amerika Serikat (AS) di Selat Hormuz.

Teheran mengatakan memiliki hak penuh untuk mengambil tindakan jika Israel terlibat dalam misi angkatan laut pimpinan AS

Iran telah memperingatkan Israel agar tidak membantu misi maritim pimpinan AS di Teluk, dengan mengatakan negara itu memiliki hak untuk menghadapi "ancaman yang nyata" itu.

Komentar pada hari Jumat (9/8/2019) oleh juru bicara kementerian luar negeri Iran Abbas Mousavi datang setelah media Israel melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz telah mengatakan kepada rekan-rekannya dalam pertemuan tertutup pada hari Selasa bahwa negara itu membantu koalisi yang dipimpin AS dengan intelijen dan bantuan lain yang tidak ditentukan. .

Para pejabat Israel telah menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal laporan tentang keterlibatan negaranya itu dalam misi angkatan laut yang menurut AS diperlukan untuk "memerangi agresi Iran" di Selat Hormuz yang strategis dan penting.

Dalam sebuah pernyataan, Mousavi mengatakan Iran akan memandang dukungan apa pun yang ditawarkan oleh Israel sebagai "ancaman nyata terhadap keamanan, kedaulatan, dan integritas teritorialnya, dan elemen pemicu krisis dan destabilisasi" di kawasan itu.

"Republik Islam Iran memiliki hak untuk melawan ancaman ini dan mempertahankan wilayahnya dalam kerangka kebijakan pencegahan dan pertahanan negara, dan tidak akan ragu menerjemahkannya ke dalam tindakan sebagai bagian dari kebijakan pertahanannya," tambahnya.

 

Sumber: Al Jazeera

Editor:Yazeed Alexander
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com