China Terus Bantah Jika Bendungan Tiga Ngarai Berisiko Roboh

China Terus Bantah Jika Bendungan Tiga Ngarai Berisiko Roboh

Bendungan Tiga Ngarai China (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Berdasar unggahan foto satelit dari Peta Google pekan lalu yang diunggah di Twitter oleh salah seorang pengguna menampilkan foto bendungan Tiga Ngarai, China yang dalam foto tersebut tampak bendungan terlihat miring dan berisiko ambruk. Foto-foto itu disebarkan di media sosial lokal.

Pemerintah pusat mengatakan kesalahan terjadi pada foto satelit bukan pada bendungan, menurut Kantor Berita Caixin pada Selasa, dengan mengutip beberapa sumber.

Berbagai bantahan terus dilontarkan pemerintah China, salah seorang pejabat mengatakan bendungan Tiga Ngarai kontroversial tersebut secara struktural aman dan membantah berisiko roboh.

Sementara, pakar keselamatan Perusahaan Tiga Ngarai, yang dikelola pemerintah melalui situs resminya, menyatakan bahwa bendungan Sungai Yangtze tersebut bergeser beberapa mili meter akibat perubahan suhu dan ketinggian air, namun indikator keselamatan masih dalam kisaran normal.

Bendungan Tiga Ngarai dengan ukuran 185 meter telah menjadi proyek rekayasa yang paling kontroversial dan paling mahal di China, dan menenggelamkan seluruh desa, membuat jutaan orang dipindah dan mengganggu ekosistem.

Banyak pengeritik mengatakan bendungan tersebut juga telah meningkatkan resiko gempa bumi dan tanah longsor di wilayah itu.

Sumber: Reuters

 

 

Editor:Yazeed Alexander
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com

mitsubishi || jakartainsight.com

Baca Lainnya

1591085721IMG_20200602_5312.jpg
INTERNASIONAL
Emirates PHK Ribuan Karyawan
1584941257trump.jpg
INTERNASIONAL
1584421647Emmanuel-Macron-news-600x288.jpg
INTERNASIONAL
Akhirnya Presiden Prancis Lakukan Lockdown
1584380933nazaha.jpg
INTERNASIONAL