Posting Jokowi Mumi, Pemilik Akun Aida Konveksi Resmi Jadi Tersangka

Posting Jokowi Mumi, Pemilik Akun Aida Konveksi Resmi Jadi Tersangka

Ilustrasi foto (istimewa) 

JAKARTAINSIGHT.com | Usai melakukan gelar perkara terkait postingan gambar Mumi berwajah Jokowi, pihak Satres krim Polresta Blitar resmi menetapkan pemilik akun Facebook Aida Konveksi, Ida Fitri sebagai tersangka.

"Setelah kami lakukan gelar perkara, maka hasilnya adalah terlapor sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Karena memenuhi unsur-unsur dalam pasal penaggaran UU ITE," kata Kapolresta Blitar AKBP Adewira Negara Siregar seperti dikutip laman detik.com.

Akibat perbuatannya yang secara sengaja menyebar konten yang dianggap menghina lambang negara tersebut, Ida dijerat Pasal 45 A Ayat 2 jo Pasal 28 Ayat 2 UU ITE jo pasal 207 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Pada pemeriksaan sebelumnya, tersangka mengaku, mendapatkan gambar itu di beranda akun pribadinya dari akun Thomas Udin Edison. Akun itu mengirimkan ke grup medsos the voice of the people.

"Setelah dilakukan digital forensik HP milik tersangka, didapatkan keterangan bahwa handphone itulah yang digunakan untuk mengunggah foto-foto tersebut," sebut 
AKBP Adewira Negara Siregar.

Dalam postingan tersebut, tersangka juga memberikan caption atau keterangan 'The New Firaun'. Dan sebelumnya, tersangka juga pernah memposting gambar baju kebesaran hakim MK namun berkepala anjing.

Polisi akan kembali memanggil tersangka untuk diminta keterangan beberapa hari ke depan. Sesuai prosedur, tersangka seharusnya hadir dalam pemeriksaan sejak 3x24 jam menerima surat panggilan dari polisi.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com