WhatsApp, Facebook dan Instagram Tumbang, Ada Apa?

WhatsApp, Facebook dan Instagram Tumbang, Ada Apa?

Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Pengguna aplikasi pesan WhatsApp mendadak tak bisa unduh gambar, video, atau pesan suara sejak beberapa jam terakhir. Ketika ingin mendapatkan gambar yang dikirim lewat pesan, mucul notifikasi "pengunduhan gagal".

Bukan hanya WhatsApp, masalah juga terjadi pada jejaring sosial Instagram di mana pengguna tak bisa mengakses Direct Message, notifikasi, download gambar hingga me-refresh timeline.

Sama seperti "saudaranya", Facebook juga ternyata ikut-ikutan bermasalah. Tumbangnya tiga aplikasi favorit sejagad itu secara berbarengan jelas saja membuat kecewa pengguna sekaligus menimbulkan tanda tanya besar. "Ada apa sebenarnya?"

Hal tersebut bisa dilihat dari ramainya timeline Twitter yang berisi keluhan dari tumbangnya "tiga sekawan" itu.

Situs Down Detector dalam beberapa jam terakhir sudah menerima lebih dari 10 ribu laporan keluhan dari pengguna Instagram. Dimana paling parah terjadi di Eropa dan Amerika Serikat, sedangkan untuk Indonesia ada sebagian kecil yang terdampak.

Sementara untuk WhatsApp, laporan yang masuk ke Down Detector paling banyak berasal dari negara-negara Amerika Latin: Brasil, Argentina dan Kolombia. Sedangkan Indonesia dan Malaysia turut mengeluhkan masalah serupa. Begitu pula dengan layanan Facebook.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari Instagram, WhatsApp ataupun Facebook selaku induk dari para raksasa digital tersebut terkait masalah teknis yang tengah menimpanya.

 

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com