Aturan Kuota Driver Akan Berlaku, Bagaimana Nasib Pengemudi Taksi Online?

Aturan Kuota Driver Akan Berlaku, Bagaimana Nasib Pengemudi Taksi Online?

Grab salah satu penyedia sarana transportasi online. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan aturan baru taksi online akan berlaku secara penuh pada 18 Juni 2019 mendatang. Peraturan ini salah satunya adalah mengatur tentang kuota driver taksi online.

Hal ini ditegaskan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi yang mengatakan bahwa Peraturan Menteri Perhubungan No.118 tahun 2018 mengatur masalah penyelenggaraan angkutan sewa khusus mengharuskan adanya batasan kuota driver taksi online.

"Kuota kan untuk mengidealkan supply dan demand dan proses penghitungan yang benar," ujar Budi Setiyadi, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Budi juga mengatakan bahwa saat ini jumlah driver taksi online existing sudah banyak karena pada awalnya pihak aplikator hanya menerima pendaftaraan tanpa adanya pembatasan. 

"Kuota tetap dengan ketentuan gubernur dan tentu ada perubahan. Bila ketentuan awal kuota sudah ditentukan dan tidak ada gejolak, kemungkinan kuota akan ditingkatkan lagi," jelas Budi Setiyadi.

Budi Setiyadi mengungkapkan tahun lalu sudah ada 17 provinsi yang memasukkan kuota taksi online. 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com