PNS Nekat Bolos Setelah Libur Lebaran? Ini Sanksinya!

PNS Nekat Bolos Setelah Libur Lebaran? Ini Sanksinya!

PNS yang kedapatan membolos kerja. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Liburan panjang kadang membuat orang malas saat tiba waktunya untuk mulai bekerja kembali. Menyikapi hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memperingatkan kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) agar melakukan hal itu (bolos kerja).

Senin besok, tanggal 10 Juni para abdi negara sudah harus kembali bekerja, setelah berlibur lebaran.

Penegasan terkait bolos kerja setelah liburan ini ditegaskan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mudzakir.

Mudzakir mengatakan bahwa, bagi PNS yang nekat berbuat tidak disiplin dengan tidak masuk kerja, maka akan ada sanksi yang siap dijatuhkan.

"Sanksi bagi PNS yang tidak disiplin akan dikenakan sesuai PP 53/2010 tentang disiplin PNS," tegas Mudzakir, dikutip dari detikcom.

Apabila melakukan bolos kerja setelah libur lebaran, maka PNS dinyatakan melanggar Pasal 3 Ayat 17 yaitu tidak mentaati peraturan kedinasan yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang. Hukuman yang dijatuhkan adalah hukuman disiplin yang terdiri dari hukuman disiplin ringan, sedang dan berat.

Hukuman ringan bisa berupa teguran lisan, teguran tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis. Sementara hukuman sedang meliputi penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

Sedangkan hukuman berat terdiri dari penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS, dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS. 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com