BPKH Kucurkan Dana Haji Rp200 Miliar Tiap Tahun untuk Sosial

BPKH Kucurkan Dana Haji Rp200 Miliar Tiap Tahun untuk Sosial

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji Anggito Abimanyu (Istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyatakan siap menggelontorkan dana hingga sebesar Rp200 miliar setiap tahun untuk bantuan sosial di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini dana yang disiapkan untuk disalurkan sebesar Rp177 miliar.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BPKH Anggito Abimanyu dalam kegiatan peresmian Klinik Ummat kerjasama dengan Solo Peduli di Jalan Songgo Bumi RT 03 RW 03 Desa Manang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019).

"Sebagian dana abadi umat yang merupakan dana pengelolaan keuangan secara keseluruhan, itu dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial,” katanya.

Contohnya hari ini, lanjut Anggito, untuk kesehatan (klinik), kami juga berikan bantuan untuk pendidikan dan dakwah. Membangun sarana dan prasarana ibadah, untuk sosial keagamaan dan lain sebagainya.

Ia juga menjelaskan, bantuan tersebut bisa diberikan dengan cara pengajuan proposal terlebih dahulu. Lalu pihaknya akan mengevaluasi sesuai dengan unsur asnaf dan penggunaannya serta sisi manfaatnya.

Disampaikan pula, saat ini jumlah saldo BPKH sebesar Rp 115 triliun. Dia memastikan dana tersebut aman dan optimal, karena disimpan di perbankan syariah dan diinvestasikan yang menggunakan prinsip syariah.

"Per hari ini dana haji jumlahnya Rp 115 triliun, dari situ kita targetkan nilai manfaatnya Rp 7,2 triliun. Setiap tahun kurang lebih ada penambahan netto sebesar Rp 10 triliun dari tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

 

Editor:Yazeed Alexander
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com