Penting, Perhatikan Hal Berikut Agar HP Tidak Cepat Panas!

Penting, Perhatikan Hal Berikut Agar HP Tidak Cepat Panas!

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Mengalami kondisi smartphone kita dalam keadaan yang cukup panas akan membuat tidak nyaman digunakan. Selain itu pastinya juga menimbulkan kekhawatiran dengan keadaan tersebut.

Ada saja pikiran terlintas jika kondisi smartphone yang panas, bisa jadi bakal mengalami rusak dan mati, bahkan tak sedikit yang berpikir bahwa ponsel mereka bisa-bisa meledak.

Memang sangat tidak disalahkan jika ada sebagian orang berpikir demikian, karena ponsel yang sangat panas hampir bisa dipastikan ada yang tak beres di dalamnya, dan jika dibiarkan tanpa diatasi maka bisa benar terjadi smartphone tersebut segera mengalami kerusakan.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar ponsel Anda tidak cepat panas!

Update software dan aplikasi

Aplikasi yang memiliki bug berpotensi menyebabkan masalah pada handphonemu, menyebabkan ponsel panas karena menggunakan prosesor dengan kurang optimal.

Karenanya jangan menyepelekan urusan yang satu ini. Dengan melakukan update aplikasi, bisa membereskan bug yang telah diperbaiki oleh developer.

Selain update aplikasi yang kamu gunakan, ingat untuk selalu melakukan update sistem operasi kamu. Akan ada banyak bug yang akan diperbaiki setelah kamu melakukan update.

Periksa aplikasi yang berjalan bersamaan

Seringkali pengguna tidak memperhatikan apakah ada aplikasi yang masih berjalan meski tidak digunakan. Periksalah berapa aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu. Semakin banyak aplikasi berjalan, semakin besar kemungkinan ponsel akan menjadi panas.

Solusinya, tutuplah aplikasi yang tidak lagi digunakan. Jika malas menutup satu persatu, maka bisa memanfaatkan fitur clear recent app yang selalu ada di HP merek apapun.

Cek penggunaan wifi

Nah , fitur wifi yang selalu aktif sering banget terjadi pada kalian golongan fakir kuota. Tidak ada salahnya sih memang, tapi hal ini harus diperhatikan.

Jika fitur wifi aktif selalu, secara gak langsung, aplikasi background yang otomatis berjalan ketika smartphone terhubung dengan WiFi itu akan bisa bikin smartphone panas.

Supaya wifi kamu nggak menyala terus-terusan, bisa pakai aplikasi bernama Smart Wifi atau Wifi Sleeper. Silahkan cari sendiri ya aplikasinya!

Jangan kelamaan main games atau streaming

Baik streaming atau gaming nyatanya sama-sama akan membuat HP cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus alias nonstop. Ketahui batas waktu penggunaan smartphone, terutama untuk dua aktivitas di atas.

Periksa kondisi baterai

Jika tidak sedang melakukan apa-apa alias gak memaksakan smartphone untuk aktivitas berat, tapi tetap aja HP cepat panas, maka periksalah kondisi baterai yang ada di smartphone kamu.

Usia baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah usang tentu jadi salah satu faktor yang bikin smartphone kamu jadi cepat panas. Segera ganti baterai dengan yang baru.

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kesehatan baterai yaitu CurrentWidget: Battery Monitor.

Jauhkan dari sinar matahari

Salah satu penyebab handphone bisa cepat panas adalah juga faktor lingkungan atau cuaca. Sebisa mungkin, hindari kontak langsung antara handphone dengan sinar matahari.

Selain membuat handphone panas, sinar matahari juga bisa mengakibatkan layar sentuh tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan baterai menjadi lebih cepat habis.

Cukup itu dulu tips dari kami, kurang lebihnya pasti akan disusul segera. Rawat dan peliharalah selalu dengan baik barang-barang yang kamu punya ya.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });