Kookmin Bank Jadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas Bukopin

Kookmin Bank Jadi Pemegang Saham Pengendali  Mayoritas Bukopin
foto ; istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mengumumkan bahwa dalam waktu dekat kepemilikan saham pengendali mayoritas akan diambil alih oleh Kookmin Bank.

"Efektif hari ini, KB telah menyetorkan dana segar ke Bank Bukopin," ungkap Direktur Operasi dan TI Bank Bukopin Adhi Brahmantya.

Adhi menyebut, suntikan dana segar tersebut nantinya akan dioptimalkan di bidang kredit retail, seperti untuk UMKM dan konsumer.

Kookmin Bank merupakan grup finansial terbesar di Korea Selatan yang juga tercatat sebagai peringkat 10 besar Bank di Asia, dengan total aset per 31 Desember 2019 mencapai sebesar Rp4.675 Triliun.

Pihak Otoritas Jasa Keuangan membenarkan bahwa pihaknya telah menerima pernyataan dari Kookmin Bank terkait kepemilikan saham pengendali mayoritas Bank Bukopin.

"Saat ini Kookmin Bank memiliki 22% saham Bank Bukopin telah siap menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas dengan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51% saham Bank Bukopin," tulis pernyataan resmi OJK, Kamis (11/6).

Sehari usai pengumuman tersebut, saham Bukopin tercatat mengalami kenaikan mencapai 37 persen menjadi Rp 206 per lembar pada penutupan perdagangan, Jumat 12 Juni 2020.

 

 

 

 

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com