Jelang Pilkada Tangsel, Putri Wapres dan Keponakan Prabowo Tertinggal dari Anak Ratu Tatu

Jelang Pilkada Tangsel, Putri Wapres dan Keponakan Prabowo Tertinggal dari Anak Ratu Tatu
Tiga kandidat paslon Pilwakot Tangsel. (istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Jelang berlangsungnya Pilkada 2020, salah satunya adalah Pilwalkot Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 bakal diramaikan oleh tiga klan dinasti politik. Bahkan sejumlah lembaga survei telah ikut meramaikan siapa yang kira-kira akan unggul. Lembaga Kajian Politik Nasional (KPN) menjadi salah satu yang telah melakukannya.

Dari hasil survei sementara KPN, tercatat bahwa elektabilitas pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan berada di posisi pertama mengalahkan dua pasangan calon lain, Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan Siti Nur Azizah-Ruhama Ben.

KPN melakukan survei dengan metode multistage random sampling kepada 440 responden di Kota Tangsel pada 17-24 Juli 2020. Sampling of error survei kurang-lebih 4,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut data hasil survei KPN pada ketiga pasang kandidat Pilwakot Tangsel, yang dirilis pada Rabu (05/08) kemarin:

1. Paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan: 37,5%

2. Paslon Siti Nur Azizah-Ruhama Ben: 28%

3. Paslon Muhammad-Rahayu Saraswati: 26,2%

Selain elektabilitas pasangan calon (paslon), KPN juga mengukur tingkat popularitas pribadi kandidat, dan dijumpai dengan hasil serupa. Benyamin berada di posisi teratas, sementara Rahayu Saraswati berada di posisi paling bawah untuk pasangan calon yang telah mendapat rekomendasi maju dari partai.

Benyamin Davnie saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Tangsel yang mendampingi Airin Rachmi Diany. Airin sendiri telah dua kali terpilih dan tidak dapat maju kembali pada periode mendatang. Sebagai gantinya Benyamin yang akan maju, berpasangan dengan Pilar Saga Ichsan. Keduanya diusung oleh Golkar dan PPP.

Sementara itu, Pilar adalah pemuda yang datang dari klan politik besar di Provinsi Banten. Ia merupakan anak Bupati Serang Tatu Chasanah atau adik dari Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten. Artinya, ia juga merupakan sepupu dari Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Di lain pihak, Siti Nur Azizah merupakan anak Wakil Presiden RI saat ini, KH Ma'ruf Amin, yang didukung oleh Partai Demokrat. Saat ini juga, Azizah sedang menunggu rekomendasi untuk berpasangan dari calon yang diusung oleh PKS.

Dalam sebuah pernyataannya, Ketua Departemen Pemenangan Pilkada Wilayah Jabar dan Banten DPP PKS, Budi Prayogo mengatakan, koalisi bersama Demokrat rencananya akan mengusung nama Azizah dan Ruhama Ben sebagai calon wakil. Saat ini surat rekomendasi untuk keduanya masih dalam pembahasan pengurus pusat partai di Jakarta.

Terakhir datang dari pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati. Keduanya dipastikan maju sebagai calon wali kota dan wakil yang diusung oleh PDIP dan Gerindra. 

Perlu diketahui juga bahwasanya Rahayu Saraswati, merupakan keponakan Ketum Gerindra yang juga menjabat Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Sementara itu Muhamad adalah birokrat Pemkot Tangsel.

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com