Hadirkan Ragam Teknologi Inovatif Taiwan Expo 2021 Buka Peluang Kerjasama Anyar Indonesia - Taiwan

Hadirkan Ragam Teknologi Inovatif Taiwan Expo 2021 Buka Peluang Kerjasama Anyar Indonesia - Taiwan
Taiwan Expo 2021, Jakarta

 

"Ajang ini merupakan kesempatan yang baik untuk membuka peluang kerja sama antar kedua negara. Selain itu, masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal perusahaan Taiwan dengan solusi teknologi terkini dan produk-produk yang inovatif"

(Tony Lin - Director of Taiwan Trade Center Jakarta)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Hal tersebut diungkapkan Tony kepada media dalam jumpa pers yang digelar pada Selasa (23/11) kemarin di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Tony juga menambahkan bahwa event Taiwan Expo 2021 ini juga sekaligus menjadi platform yang mempertemukan antar kedua negara diharapkan bisa tercipta kerja sama bisnis yang berkelanjutan. 

"Taiwan Expo merupakan sebuah platform yang mempertemukan antar kedua negara diharapkan bisa tercipta kerja sama bisnis yang berkelanjutan. Tidak hanya itu, kami juga berharap ada transfer ilmu maupun teknologinya," sambung Tony.

Taiwan Expo 2021 online yang digelar pada 23 November akan menghadirkan enam tema industri meliputi mobilitas listrik, industri 4.0, era post pandemic, Taiwan halal, konsep gaya hidup, serta wisata budaya. Grand Opening pameran akan diadakan dan disiarkan secara langsung dari Taipei, Taiwan pada 24 November 2021. 

Penyelenggaraan kali ini sendiri akan diikuti oleh sebanyak 140 exhibitor. Sebagai rangkaian pembukaan kegiatan, masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui lebih dekat dapat melihat produk display di Atrium Mall Kelapa Gading 2 dari tanggal 23 hingga 28 November 2021 yang menampilkan sebanyak 22 brand unggulan.

Dengan adanya gelaran ini dinilai merupakan langkah yang baik untuk terus menggenjot daya beli masyarakat. Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat kunjungan dinas ke Taiwan beberapa waktu lalu berharap agar produsen kendaraan listrik Taiwan seperti Foxconn dan Gogoro juga dapat mengembangkan nilai investasi antara kedua negara.

"Taiwan Expo 2021 Online juga menghadirkan beberapa produsen kendaraan listrik yang didukung dengan solusi dan pengembangan mobil listrik yang inovatif. Diharapkan mampu menyiapkan solusi yang dibutuhkan oleh Indonesia,tutur Tony. 

 

Selain itu, akan ditampilkan juga sistem otomatisasi mesin produksi dan manufaktur menggunakan robot dan Artificial Intelligence yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri di Indonesia. Tidak lupa budaya dan wisata yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata setelah pandemi Covid-19 berakhir.

 

Dengan hadirnya Taiwan Expo 2021, John C. Chen, Ambassador of Taiwan in Indonesia berharap agar masyarakat Indonesia semakin mengenal produk-produk Taiwan. Karena menurutnya banyak sekali inovasi-inovasi produk Taiwan dengan kualitas yang bagus yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

 

"Dengan hadirnya event seperti ini setiap tahun membuat masyarakat Indonesia semakin tahu bahwa banyak produk Taiwan yang bagus-bagus. Sehingga semakin lama semakin banyak yang bekerja sama dengan perusahaan Taiwan. Jadi tidak hanya mengenal, tetapi juga mempererat hubungan perdagangan antar kedua negara," ujar John.

Yang menjadi perhatian di pameran ini adalah dukungan terhadap peta pengembangan di era mobilitas listrik, yakni melalui kerja sama antara Grab Indonesia dan Kwang Yang Motor (Kymco) dalam menciptakan ekologi motor listrik di Indonesia.

Indonesia menargetkan produksi mobil listrik  pada tahun 2023 diharapkan pemain lokal dapat mendukung produksi komponen otomotif sampai dengan 40%. Adapun di tahun 2025 diharapkan pengguna kendaraan listrik mencapai 20%. Menurut laporan dari Kementerian Industri Indonesia, mayoritas masyarakat sudah tertarik pada kendaraan listrik.

Dalam Taiwan Expo 2021 online, akan hadir beberapa pembicara yaitu Direktur Umum Biro Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Ekonomi Cynthia Kiang, Perwakilan dari Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei Budi Santoso , Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) - Bahlil Lahadalia, dan Direktur Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), James C.F Huang untuk membahas perkembangan dan kerjasama mobil listrik yang terjadi antara kedua negara.

"Pameran Taiwan Expo 2021 Online merupakan kesempatan yang baik untuk membuka peluang kerjasama antar kedua negara, selain itu juga dapat lebih mengenal perusahaan Taiwan dengan solusi teknologi terkini dan produk-produk yang inovatif," tutup Tony Lin.

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com