DPR Soroti Antisipasi Dampak El Nino Terhadap Produktivitas Pangan

DPR Soroti Antisipasi Dampak El Nino Terhadap Produktivitas Pangan
istimewa

 

"Karena ini kita sudah memasuki El Nino harus ada antisipasi yang memang update kepada masyarakat, warga terutama petani, supaya tidak terlalu jatuh produktivitasnya karena nggak ada hujan. Karena perkiraan sampai Oktober nanti akan kekeringan dan ini masyarakat di lapangan sudah banyak kekeringan."

 

JAKARTAINSIGHT.com | Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini terkait antisipasi dampak El Nino terhadap kestabilan produktivitas pangan nasional (sumber ; Parlementaria) di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta.

Anggia meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menyiapkan solusi menghadapi El Nino berkepanjangan. Hal tersebut, menurut Anggia, agar petani tidak menurun produktivitasnya akibat cuaca panas yang berkepanjangan.

Kementan, lanjutnya, bisa membantu mempersiapkan pompa air untuk mengairi ladang petani di tengah kekeringan yang terjadi. Sebab, El Nino yang berkepanjangan ini diharapkan jangan sampai mempengaruhi persediaan pangan di dalam negeri.

 

"Harus ada, misalnya, terobosan penyediaan sumber-sumber air, harus ada itu. Kementerian Pertanian kalau misalnya dibutuhkan salah satunya di pompa air, meskipun tidak bisa ambil ke sumur, tetapi bisa mengalirkan. Itu juga menjadi salah satu pertimbangan atau afirmatif yang bisa digunakan untuk para petani," jelas Politisi Fraksi PKB ini.

 

Diketahui, Indonesia saat ini sedang mengalami dampak dari El Nino. Fenomena El Nino menyebabkan berbagai wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau lebih kering dibandingkan 3 tahun sebelumnya.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com