DAC Rilis Platform Tokenisasi Kepemilikan Properti dengan Aset Digital

DAC Rilis Platform Tokenisasi Kepemilikan Properti dengan Aset Digital
Foto ; istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Pertumbuhan industri blockchain dan kripto di tanah air kian pesat, pemerintah bahkan berencana mengembangkan industri tersebut karena dianggap berkontribusi menyokong ekonomi digital serta memiliki proyeksi yang sangat besar di Indonesia.

Selama 2022, Bappebti telah memberikan perizinan berupa tanda daftar sebagai calon pedagang fisik aset kripto kepada 25 perusahaan untuk dapat melakukan perdagangan di pasar fisik aset kripto. Bappebti juga telah menetapkan jenis aset kripto yang diperdagangkan di pasar fisik aset kripto sebanyak 383 jenis. Dari jumlah tersebut, 10 aset kripto di antaranya merupakan koin anak bangsa atau koin lokal.

Sejalan dengan hal tersebut, Digital Asset Academy (DAC) lembaga edukasi aset digital baru saja mengumumkan projek terbarunya, yakni platform tokenisasi aset properti dengan aset digital DCGT, CoinRealtor.ID.

Peluncuran platform tersebut bertepatan dengan Hari Raya Kuningan dan hari naiknya kembali Bitcoin jadi $21.000, bertempat di Hotel Kimaya Braga, Sabtu 14 Januari 2023 kemarin.

DR. Sulistya Putra selaku Ambassador CoinRealtor Indonesia menyatakan inilah solusi kongkrit DAC untuk mengatasi ancaman resesi ekonomi global 2023 termasuk krisis pasar properti. 

"Peluncuran ini sangat penting di tengah periode crypto winter yang membuat harga ribuan aset kripto turun sangat rendah akibat tidak memiliki jaminan aset fisik apapun. Sementara itu CoinRealtor.ID menyajikan solusi aset digital atau cryptocurrency yang diamankan dengan aset properti fisik bernilai tinggi," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Putra tersebut menambahkan, adalah solusi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya untuk memiliki rumah lunas dan beternak properti dengan modal terjangkau, tanpa cicilan bertahun-tahun, tanpa riba, tanpa resiko disita, bebas pilih lokasi rumah di mana saja. Digital Asset Academy menyajikan solusi untuk memiliki rumah Rp 1 miliar ke atas dengan uang muka mulai Rp 8.750.000, hanya 1 kali bayar dan langsung mendapat aset digital DCGT. 

 

Para pemilik DCGT bisa memperoleh properti dengan cara pasif dari kenaikan harga token yang sesuai harga properti maupun secara aktif mengedukasi masyarakat tentang solusi CoinRealtor.ID. Platform token properti ini akan berkontribusi menggairahkan pasar properti. 

 

Teknologi tokenisasi aset adalah cara untuk mengubah nilai aset fisik menjadi token digital menggunakan teknologi blockchain. Pada umumnya aset-aset fisik seperti emas batangan, berlian, bahan tambang, lukisan maestro, maupun properti dinyatakan nilainya dalam sertifikat kertas yang sudah dikenal sejak lama. Saat ini di era digital, diperlukan sertifikat digital berbasis blockchain. Di dunia digital, nilai aset-aset fisik dikonversi ke dalam kontrak cerdas (smart contract) menjadi token digital dalam jaringan blockchain. Teknologi blockchain digunakan untuk menyimpan nilai token dan mentransfer kepemilikan token.

 

CoinRealtor.ID adalah platform untuk tokenisasi aset properti di seluruh dunia. Platform ini bermanfaat untuk meningkatkan likuiditas dan aksesibilitas aset properti, otomatisasi dan efisiensi transaksi, serta transparansi untuk pengelolaan aset yang lebih baik, lebih aman, lebih terpercaya, menjaga privasi, pembayaran instan, dan lebih hemat biaya.

 

Platform CoinRealtor.ID mengkombinasikan tren global aset digital dan aset properti sebagai fundamental yang kokoh. CoinRealtor.ID bukan agen properti konvensional yang menjual bangunan fisik melainkan menyajikan cryptocurrency yang diamankan dengan aset properti. Token properti lebih andal dan stabil daripada cryptocurrency tradisional, karena memiliki keamanan aset nyata, nilainya didukung pasar properti, dan kurang terpengaruh pasar crypto yang fluktuatif.

 

Proyek perdana CoinRealtor.ID adalah tokenisasi Apartemen Grove di Dubai Creek Beach dengan menerbitkan DCGT (Dubai Creek Grove Token). Ini satu-satunya kompleks apartemen dengan pantai pribadi 700 meter di Dubai Creek Harbour. Pusat kota baru Dubai seluas 5,5 juta hektar ini dikembangkan oleh EMAAR, salah satu pengembang properti terbesar di dunia yang membangun gedung tertinggi dunia Burj Khalifa dan kini akan membangun Dubai Creek Tower sebagai menara tertinggi di dunia 1345 meter di dekat apartemen Grove. 

CoinRealtor menerbitkan total emisi 38.003.000 DCGT dengan aset yang ditokenisasi seluas 38.003 kaki persegi. Jadi 1 DCGT setara dengan 0,001 kaki persegi Apartemen Grove di Dubai. Token emisi tahap pertama adalah 8.540.000 DCGT. Setelah memasuki periode beli kembali tahun 2025-2026, para pemilik DCGT dapat menukar tokennya dengan unit apartemen Grove jika nilainya memadai. Bisa juga menukar DCGT dengan U$CR atau USDT yang dapat dicairkan tunai.

 

Para partisipan CoinRealtor mendapatkan beberapa keistimewaan DCGT sebagai berikut:

1. Menyimpan nilai

Harga token properti DCGT akan meningkat seiring dengan kenaikan harga properti. Harga minimum token dijamin dengan harga properti sehingga tidak akan pernah kehilangan nilainya. 

 

2. Kepemilikan fraksional properti

Siapa saja dapat membeli token DCGT yang didukung properti mulai dari 0,001 kaki persegi. Dalam properti tradisional, tidak mungkin untuk membeli pecahan bagian apartemen atau rumah. Token DCGT juga dapat ditukar unit apartemen Grove jika nilainya memadai setara dengan harga properti. 

 

3. Lindung nilai

Harga token properti DCGT akan naik lebih tinggi dari bunga bank sehingga merupakan solusi lindung nilai yang baik untuk mengatasi inflasi.

 

4. Lebih likuid

Menjual properti fisik perlu waktu lebih lama. Tetapi menjual token properti lebih cepat dan lebih mudah. 

 

5. Biaya pemeliharaan nol

"Anda tidak perlu membayar tagihan listrik, keamanan, dan biaya perawatan lainnya untuk memiliki token properti."

 

 

Misi DAC menyajikan platform CoinRealtor.ID adalah membuka peluang bagi masyarakat luas untuk mendapat keuntungan dari properti yang ditokenisasi. Selain itu juga menyajikan solusi bagi masyarakat untuk memiliki rumah lunas atau beternak properti tanpa hutang dengan cara yang lebih baik, lebih cepat, lebih halal, dan lebih menguntungkan daripada KPR.

Acara peluncuran CoinRealtor.ID ditandai dengan pemotongan dan penyerahan nasi tumpeng oleh DR. Sulistya Putra selaku Pendiri Digital Asset Academy kepada para Regional Director DAC, yaitu Lola Haryanti (RD Jawa 1), Frans Limbong (RD Jawa 2, Kalimantan, Sulawesi), Gede Fedry Mahendranata (RD Jakarta, Sumatera, Bali), Piter Pello (RD NTT, Maluku, Papua), serta para Branch Manager DAC, yaitu Jason Gultom (BM DAC Bandung), Yanto Heriyanto (BM DAC Karawang), dan Agus Nugraha (BM DAC Depok).

 

Setelah peluncuran CoinRealtor.ID acara dilanjutkan dengan pelatihan super Mind Power Revolution untuk tune up otak, memprogram mindset magnet uang, serta mengaktifkan kekuatan pikiran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup mitra-mitra Digital Asset Academy agar bisa hidup lebih sehat, lebih harmonis, lebih sukses, lebih bahagia, dan mencapai target sesuai goal setting tahun 2023.

Digital Asset Academy mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Republik Indonesia, Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI), Asosiasi Blockchain Indonesia, manajemen CoinRealtor, para Agent, para VIP Agent InfluenceClub.One, para investor aset digital pemilik DCGT, para pemilik dan manajemen bursa kripto di Indonesia, para edukator kripto dan web3, seluruh komunitas kripto, dan keluarga besar Digital Asset Academy di seluruh dunia.

 

 

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com