BlackBerry Belum Tamat, Tunggu Kehadirannya Tahun Depan!

BlackBerry Belum Tamat, Tunggu Kehadirannya Tahun Depan!
Smartphone qwerty BlackBerry. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Masih ingat dengan ponsel BlackBerry? Smartphone yang sempat booming antara tahun 2005 hingga sekitar tahun 2015 ini rupanya belumlah tamat betul-betul riwayatnya.

Handphone qwerty BlackBerry pertama kali dirilis pada awal tahun 2000-an. 

Masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 2004, BlackBerry kala itu diperkenalkan oleh operator seluler Indosat, yang bekerjasama dengan Starhub.

Sejak masuk ke pasar gadget tanah air, BlackBerry pun langsung merebut perhatian pengguna ponsel di Indonesia, yang kala itu sempat dikuasai oleh Nokia.

Nah, belum lama ini beredar kabar bahwa BlackBerry berencana akan hadir kembali tahun depan (2021). 

Kabar ini diketahui setelah adanya informasi bahwa telah terjalin kemitraan antara OnwardMobility dengan BlackBerry dan FIH Mobile. 

Kemitraan tiga pihak ini menyepakati untuk mengembangkan ponsel baru dengan merek BlackBerry di tahun 2021mendatang.

"Kami sangat senang bahwa pelanggan akan merasakan keamanan tingkat perusahaan dan pemerintah serta produktivitas seluler yang ditawarkan oleh smartphone BlackBerry 5G baru," kata John Chen, Executive Chairman dan CEO BlackBerry.(detiknet)

OnwardMobility sendiri berencana akan melakukan produksi dan pengembangan pasar smartphone BlackBerry di Amerika Utara. 

Sedangkan dari pihak FIH Mobile, akan merancang dan membuat perangkat BlackBerry di bawah pedoman ketat untuk memastikan integritas komponen, perangkat, dan rantai pasokan.

"Sebagai pemasok eksklusif untuk OnwardMobility, kami berkomitmen untuk menghadirkan perangkat BlackBerry 5G baru ke pasar, memanfaatkan keahlian mendalam kami dalam desain, manufaktur, pasokan komponen, dan manajemen logistik," kata Dr. Wen-Yi Kuo, Direktur Eksekutif, FIH Mobile .

Tidak main-main, smartphone BlackBerry (BB) terbaru akan hadir berbeda. Perangkat BB nanti akan mengusung keyboard fisik dan 5G. 

"Para profesional perusahaan sangat menginginkan perangkat 5G yang aman yang memungkinkan produktivitas, tanpa mengorbankan pengalaman pengguna," kata Peter Franklin, CEO OnwardMobility.

"Ponsel cerdas BlackBerry dikenal untuk melindungi komunikasi, privasi, dan data. Ini adalah peluang luar biasa bagi OnwardMobility untuk menghadirkan perangkat 5G generasi berikutnya ke pasar dengan dukungan BlackBerry dan FIH Mobile. "

Dari pernyataan diatas bisa disimpulkan, BlackBerry 5G terbaru dipastikan sementara hanya tersedia di Amerika Utara dan Eropa. 

Selain itu dipastikan juga BB tetap akan menjalankan Android.

Para pelanggan setia BB dahulu pasti mengetahui BlackBerry sempat dikatakan tamat setelah TCL tidak melanjutkan kerjasamanya. 

Lantas pertanyaan selanjutnya adalah, akankah BB kembali hadir juga di Indonesia? Kita tunggu saja!

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com