Ironis! Sebanyak 116 Pasien Sembuh Corona di Korsel Kembali Dinyatakan Positif

Ironis! Sebanyak 116 Pasien Sembuh Corona di Korsel Kembali Dinyatakan Positif

Foto (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Pemerintah Korea Selatan melalu lembaga kesehatan dan tenaga medis di Korea Selatan benar-benar kebingungan. Bagaimana tidak, setelah sebelumnya dinyatakan sembuh, sebanyak 116 pasien corona kembali dinyatakan positif.

Otoritas setempat saat ini masih menyelidiki terkait kemungkinan apakah seorang yang telah dinyatakan sembuh bisa kembali terjangkit Covid-19, atau ada kesalahan tes sebelumnya serta kemungkinan masih ada sisa-sisa virus corona pada ratusan pasien tersebut.

Menanggapi hal tersebut tersebut, seorang profesor epidemiologi penyakit menular di Curtin University di Perth, Australia Archie Clements berpendapat bahwa semakin banyak orang yang kembali dites positif di Korea Selatan semata-mata karena kesalahan dalam tes diagnostik.

"Tidak ada tes diagnostik yang sempurna untuk penyakit apa pun, dan pasien-pasien tersebut kemungkinan dinyatakan positif palsu," ungkap Clement seperti dikutip laman CNN.

Menurutnya, tidak mungkin pasien yang sebelumnya dites positif dan kemudian dirawat dan dibersihkan secara independen dapat terinfeksi virus untuk kedua kalinya.

"Saya pikir apa yang sangat, sangat tidak mungkin adalah bahwa orang-orang ini diinfeksi ulang oleh orang lain," sebut Clement.

Secara total, Korsel telah melaporkan total 10.537 kasus dan 217 kematian (hingga Senin 13/4).

 

 

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com