26 dari 42 ABK KM Lambelu yang Jalani Tes Swab Positif Covid-19!

26 dari 42 ABK KM Lambelu yang Jalani Tes Swab Positif Covid-19!

KM Lambelu yang seluruh awaknya dikarantina di laut. (istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | 26 orang ABK KM Lambelu yang menjalani tes Swab oleh Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel) diidentifikasi positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Berdasarkan laporan, Dinkes Sulsel telah memeriksa 42 orang dari 141 awak kapal yang saat ini sedang dikarantina di atas kapal tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan swab kepada 42 orang awak KM Lambelu, tercatat 26 diantaranya positif terinfeksi virus corona, sementara selebihnya negatif," kata Kadinkes Sulsel, dr M Ichsan Mustari.

Sebelumnya KM Lambelu yang membawa sejumlah penumpang ke NTT sempat diberitakan dilarang bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Hal ini terjadi setelah dilakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan untuk setiap kedatangan.

Nakhoda beserta petugas kapal harus menjalani isolasi mandiri di atas kapal dengan pengawasan dari pihak keamanan, manajemen, dan otoritas pelabuhan di Kota Makassar.

Posisi Kapal KM Lambelu berada di jarak 2 mil dari daratan. Nakhoda kapal beserta ABK telah diinstruksikan tetap berada di atas kapal hingga hasil pemeriksaan kesehatan diterima.

"Rencananya, besok (Selasa, 14/04/2020) 99 orang awak akan diperiksa lagi untuk memastikan statusnya mereka. Sebab, yang diidentifikasi positif ini kebanyakan mereka adalah OTG (orang tanpa gejala)," jelas dr Ichsan.

Dia menegaskan tak ada satu pun kru KM Labelu turun dari kapal. Karantina akan dilakukan selama 14 hari. Pengawasan ketat dilakukan di atas kapal dengan mengerahkan aparat keamanan, seperti TNI, Polri, dan Satpol PP.

(sumber : dikutip dari antaranews)

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com