Waspada Pencopetan Digital via QR Code, Berikut Penjelasannya!

Waspada Pencopetan Digital via QR Code, Berikut Penjelasannya!

ilustrasi transaksi dengan menggunakan QR code. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Sekarang ini lagi menjadi trend bila berbelanja atau membayar makanan dan barang belanjaan menggunakan QR code. Sistem pembayaran ini bukan saja disediakan penyedia layanan aplikasi fintech, tetapi juga meliputi berbagai perbankan konvensional. Tentunya disatu sisi hal ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi, bahkan sangat dinikmati banyak orang.

Pertanyaan yang muncul adalah, amankah cara bertransaksi demikian? 

Memang dengan berkembangnya era digital saat ini banyak pelaku bisnis maupun konsumen lebih menikmati dan memilih cara bertransaksi demikian. Sayangnya, ternyata hal ini bisa berdampak negatif bagi konsumen. Salah satu dampaknya adalah pencurian dan copet secara digital juga ikut berkembang.

Bagaimana proses terjadinya pencopetan data digital tersebut? Berikut sedikit penjelasannya.

Sebuah harian di China pada tahun 2018 lalu pernah mengulas sebuah kejadian. Dilansir dari South China Morning Post tanggal 10 April 2018,   ada oknum tak bertanggung jawab yang memalsukan stiker yang tertera di toko-toko.

Dikutip dari detikcom, oknum tak bertanggung jawab (pelaku copet digital) ini memalsukan dan mencetak stiker dengan gambar QR code yang terkoneksi dengan dompet digital mereka. Dengan demikian mereka bisa meraih keuntungan, sementara disisi lain pedagang dan konsumen menderita kerugian materiil yang besar.

Seperti diberitakan, dari hasil kejahatan tersebut para oknum copet digital ini meraup keuntungan 3.000 yuan atau setara dengan US$ 480 dari ratusan transaksi. Target utama mereka adalah penjual makanan dengan harga yang mahal, seperti penjual seafood.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta menanggapi hal ini dengan mengatakan,"Bank Indonesia selaku regulator sudah mengantisipasi adanya kejadian tampering oleh fraudster seperti kejadian di China."

Lebih jauh Filianingsih mengungkapkan kronologi antisipasinya adalah, dengan penggunaan National Merchant Repository sehingga hanya merchant terdaftar yang dapat menerima pembayaran. Selain itu penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) juga diwajibkan melakukan edukasi secara terus menerus kepada merchant untuk menjaga dan menyimpan QRnya dengan baik agar tidak mudah dipalsukan atau dimanfaatkan untuk hal-hal yang merugikan oleh fraudsters (copet digital).

"Apabila terjadi transaksi dengan sistem QR code, yang harus perhatikan nama merchant yang tertera di toko dan di aplikasi yang muncul setelah scan, jangan buru-buru langsung bayar. Ini juga harus diperhatikan oleh konsumen," tegas Filianingsih.

 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });