Ratu Adina Bachtiar, Sosok Belia Seniman Lukisan Kaca

Ratu Adina Bachtiar, Sosok Belia Seniman Lukisan Kaca

Ratu Adina Bachtiar, seniman muda pelukis kaca.

 

JAKARTAINSIGHT.com | Terlahir dalam keluarga pecinta fotografi, Ratu Adina Bachtiar kini dikenal sebagai seorang Pelukis Kaca Belia. Akrab disapa Adin atau Adina, putri dari Ray Bachtiar Dradjat - yang merupakan seorang fotografer senior - ini sejak kecil sudah suka menggambar. Dengan bermodalkan krayon, pensil warna, spidol, kertas warna warni yang diberikan orangtuanya, Adina mampu menjadikannya suatu karya baik diatas kertas maupun media lain. 

Pada tahun 2013, disaat usianya yang ke-19 tahun, Adina pernah mencoba belajar melukis diatas media kaca di Kota Cirebon. Namun baru pada tahun 2018, Adina kembali ke Cirebon dan mondok di sebuah pesantren selama 4 bulan. Saat itulah Adina mulai menekuni dan mendalami seni lukis kaca pada seorang pelukis kaca yang bernama Bahendi Ta Ong. 

Selain melukis, Bahendi juga merupakan seorang dalang di Gegesik, Cirebon. Dibawah asuhan Bahendi inilah Adina ditempa menjadi seorang seniman lukis kaca, sampai saat ini. Tidak sampai disitu, peran kedua orangtuanya yang selalu mensupport segala apa pun yang kerjakan Adina, jika itu positif menjadikan tekadnya sebagai seorang pelukis kaca semakin mantap.

Ratu Adina Bachtiar, dara kelahiran Bandung, 12 Desember 1994, yang juga sempat mengenyam pendidikan agama di Pondok Pesantren Anak Yatim Yayasan Hafidhin Royan di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, setelah pesantren di Cirebon sudah tak mampu menampung santri lagi. Selama dua bulan, tepatnya sejak pertengahan bulan Ramadhan, Ardina tinggal di pesantren Hafidhin Royan.

Di pesantren ini, Adina juga menularkan bakat seninya kepada sejumlah santri. Bermula saat Adina melihat banyak yang ikut mencoba melukis, dirinya kemudian bertanya pada mereka apakah mau serius melukis? Para santri inipun menyatakan keinginannya, sehingga dari situlah Adina mulai mengajar para santri ini.

Ada satu cerita unik dari pengalaman Adina yang membuatnya untuk terus berkarya. Sang Ibunda yang juga seorang fotografer, suatu saat sedang mengisi acara talkshow. Saat Adina yang waktu itu ikut menemani sang bunda berbincang dengan pemilik galeri foto dan komunitas fotografi 'Genggam Indonesia", yang biasa dipanggil Om Roy, ternyata beliau tertarik dengan lukisannya. Dan secara spontan Om Roy, yang juga sahabat sang ayah tertarik dan langsung membeli 2 buah lukisan milik Adina, sekaligus menjadi pembeli pertamanya.

Kedua lukisan kaca yang dibeli itu bertemakan gajah putih kesukaannya. Sementara lukisan kaca pertama kali yang dibuat Adina adalah lukisan bunga dengan aksen-aksen lainnya bernuansa cokelat. Lukisan perdananya ini Adina berikan kepada teman ayahnya sebagai hadiah ulang tahun.

Pada tahun 2019 ini Adina mulai memberanikan diri menggelar pameran pertamanya. Sebagai pelukis muda berbakat yang menggunakan kaca sebagai media karya lukisannya, pada tanggal 20 Agustus 2019 lalu, Adina bersama teman dan anak didiknya di Yayasan Hafidhin Royan menampilkan karya-karyanya. Pameran tunggal ini digelar di Galeri Foto Paramata, Tebet. 

Selama mengajari anak-anak santri di Pesantren, Ratu Adina berharap kelak anak didiknya bisa mengerti bahwa lukisan kaca adalah warisan budaya dari kakek buyut kita, dan tugas kita adalah mengerti dan melestarikan budaya tersebut. 

Kebaikan luhur lainnya adalah mereka bisa mendapatkan ilmu dan juga uang atau hasil dari penjualan lukisan kaca buatan mereka sendiri. Itulah sebabnya, kenapa Adina begitu bersemangat saat mengajar dan juga menggelar pameran perdananya.

Sebagai seniman, Adina sangat menyukai karya-karya gurunya yaitu pak Bahendi Ta Ong. Rastika, dan Sugro merupakan dua pelukis kaca idola ayahnya, sedangkan Adina mengidolakan semua pelukis kaca di dunia ini karena merekalah yang sudah turut menginspirasi Adina untuk menjadi pelukis kaca.

 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });