Adina Bachtiar, Seniman Lukisan Kaca Belia Tampilkan Karya-Karyanya di Galeri Paramata Tebet

Adina Bachtiar, Seniman Lukisan Kaca Belia Tampilkan Karya-Karyanya di Galeri Paramata Tebet

Ratu Adina Bachtiar (kedua dari kiri) pelukis kaca belia. (foto:instagram Adina)

JAKARTAINSIGHT.com | Bertempat di Galeri Foto Paramata, yang juga merupakan sebuah kafe, seorang pelukis belia menggelar hasil karyanya. Ratu Adina Bachtiar, sang pelukis muda yang memiliki turunan bakat seni dari kedua orang tuanya, menampilkan berbagai lukisan kaca yang termasuk sebuah karya seni Iconographic.

Disebut demikian, karena lukisan kaca merupakan sebuah karya iconographic yang tak bisa lepas dari praktek budaya masa lampau. Dikisahkan berabad lampau, para pelukis yang menggunakan media dari kaca disebut sebagai pelukis istana. Hal ini dipercaya sejak datangnya bangsa Tionghoa (China) ke Nusantara, yang dilanjutkan dengan ditemukannya berbagai Lukisan Kaca pada istana kerajaan-kerajaan di Jawa.

Dijelaskan oleh Hagung Sihaq, seorang kurator seni lukis yang juga mengkurasi karya seni dari Adina (sapaan Ratu Adina Bachtiar). Hagung berkisah bahwa lukisan kaca berkembang pesat dan mencapai puncak kejayaannya di pulau Jawa, tepatnya di Kota/Kerajaan Cirebon, Yogyakarta, dan Solo sebagai pusatnya. Namun, lukisan kaca juga banyak ditemukan di kota lainnya seperti Kudus, Tuban, Demak, dan Banyuwangi.

Bahkan hingga diluar pulau Jawa seperti Madura, Bali, Sumatera (Medan), dan Bengkulu. Di Bali, lukisan kaca ini dijumpai di desa Nagasepaha, Buleleng.

"Tahun 1930-1940 merupakan puncak kejayaan lukisan kaca ini. Sempat meredup ditahun 70-an, kemudian bangkit lagi pada tahun 1980, yang diprakarsai oleh para pemerhati lukisan kaca dan beberapa galeri lukisan, seperti di Jakarta, Jogya, dan Bali," terang Hagung.

Adina, dalam pandangan Hagung merupakan seorang pelukis kaca yang kembali muncul setelah sekitar 40 tahun lalu yang merupakan masa kejayaan terakhir dari lukisan kaca. Pertama kali berguru pada seorang pelukis kaca di Kota Cirebon dengan tema tradisional. Saat ini Adina lebih memperlihatkan ciri khas lukisan dengan warna-warna yang lebih berani dan tertier, sesuai dengan perkembangan zaman.

Selain melukis, Adina yang sempat mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Yatim Hafidhin Royan, yang berlokasi di Ciganjur, Jakarta Selatan, juga menularkan bakat seninya dengan mengajari anak-anak yatim di pondok pesantren tersebut.

Dalam kesempatan tampil dibeberapa pameran lukisan, Adina juga turut menyertakan beberapa karya dari murid-muridnya tersebut. Salah satunya di Galeri Foto Paramata, yang beralamat di Jalan Tebet Barat VIII No.1, Jakarta Selatan pada hari Selasa (20/08/2019), yang juga dihadiri oleh Uztad Haikal Hassan Baras, serta pasangan selebritis Armand Maulana dan Dewi Gita.

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });