Awas, Jangan Campur Bahan Makanan Berikut di Dalam Kulkas!

Awas, Jangan Campur Bahan Makanan Berikut di Dalam Kulkas!

Ilustrasi: Istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Sudah menjadi lumrah dilakukan kebanyakan orang jika sehabis berbelanja bahan maknanan entah itu sayur atau buah-buahan biasanya langsung dimasukan ke dalam kulkas untuk membuatnya lebih awet tanpa memilahnya terlebih dahulu.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua bahan makanan dapat dicampur, karena ada beberapa makanan yang memiliki sifat tidak boleh dengan bahan tertentu.

Terdapat sejumlah efek yang bisa muncul ketika kita mencampur makanan ini secara sembrono. Mulai dari munculnya gas hingga pudarnya nutrisi makanan, terdapat sejumlah hal yang bisa terjadi terhadap makanan tersebut.

Dampak buruk yang muncul ini bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan ketika makanan tersebut dikonsumsi. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah bahan makanan yang tak boleh dicampur saat menyimpannya.

Mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan makanan yang harus disimpan sendiri dan tak boleh dicampur. Jika kamu menyimpan mentimun bersama dengan melon, pisang, dan tomat, maka akan tercipta gas etilen.

Gas etilen ini membuat mentimun menjadi matang lebih cepat. Oleh karena itu, mentimun harus disimpan sendiri dan tak boleh dicampur dengan sejumlah bahan tersebut.

Labu dan apel

Sering kali kita mencampur buah untuk menyimpannya secara bersama-sama. Labu merupakan bahan makanan yang tak boleh dicampur dengan apel atau pir.

Berdasar temuan dari Oregon State University Extension Service, apel dan pir diketahui bisa membuat labu menjadi cepat busuk. Untuk menyimpan labu agar lebih awet bahkan hingga 6 bulan, tempatkan dalam suhu antara 10-13 derajat celcius.

Kentang

Cara ideal menyimpan umbi-umbian termasuk kentang adalah dengan memasukkannya pada kantong kertas. Kandungan nutrisi tinggi dari sayuran ini bakal terjaga dengan baik ketika disimpan secara terpisah.

Jangan masukkan makanan ini ke kulkas karena bisa membuat mereka lebih cepat membusuk. Disarankan untuk membeli jenis makanan ini dalam jumlah sedikit dan letakkan di tempat yang kering dan gelap.

Apel dan jeruk

Menyimpan apel dan jeruk secara bersamaan merupakan hal yang sering dilakukan banyak orang. Namun sesungguhnya kedua buah ini tidak boleh disimpan secara bersamaan karena dampak yang bisa ditimbulkan.

Disarankan untuk menyimpan kedua buah ini secara terpisah karena mencampurnya bakal membuat pembusukan lebih cepat. Disarankan untuk menyimpan jeruk pada kantung berjalan serta sebisa mungkin jangan disimpan pada wadah plastik.

Kentang dan bombay

Menyimpang kentang bersamaan dengan bawang bombay bisa memunculkan dampak buruk. Kentang yang disimpan tersebut bakal menjadi lebih cepat busuk.

Disarankan untuk menyimpannya di keranjang secara terpisah. Untuk membuatnya awet lebih lama, disarankan untuk menggunakan kantung kertas. Pastikan simpan di tempat yang dialiri angin dengan baik.

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });