Akui Pakai Data Pengguna untuk Iklan, Twitter Minta Maaf

Akui Pakai Data Pengguna untuk Iklan, Twitter Minta Maaf

Istimewa

 

JAKARTAINSIGHT.com | Data pengguna layanan pada akun media sosial beberapa kali disalahgunakan pihak lain secara sepihak untuk kepentingan mereka dengan berbagai cara.

Beberapa waktu lalu, pengguna layanan Facebook menjadi korban dengan mengalami pencurian data untuk disalahgunakan, dan kali ini Twitter pun mengalami hal demikian. Hanya saja jejaring sosial berlogo burung itu mengakuinya sebagai sebuah kesalahan.

Twitter mengakui pihaknya telah menggunakan data pengguna yang telah dipersonalisasi tanpa mengantongi izin untuk keperluan iklan. Perusahaan mikroblogging ini mengatakan hal itu terjadi karena ada masalah pada menu pengaturan akun.

Dalam situs resminya, Twitter mengatakan baru-baru ini telah menemukan penyebab masalah dan telah memperbaikinya pada Senin (5/8). Namun belum diketahui berapa banyak pengguna yang terkena dampak.

Layanan milik Jack Dorsey ini mengakui jika data pengguna menjadi aset berharga bagi perusahaan untuk menyasar iklan dan konten apa yang ditampilkan.

"Kami meminta maaf atas kesalahan ini dan akan berusaha untuk tidak mengulangi lagi. Ketika Anda mempercayai kami untuk mengikuti pilihan Anda, namun dalam hal ini kami gagal," tulis Twitter dalam situs resminya.

Mengutip Reuters, data yang kemungkinan telah digunakan antara lain kode negara pengguna, detail kemungkinan pengguna melihat atau mengunjungi situs pengiklan hingga informasi terkait perangkat yang digunakan.

Kendati demikian, perusahaan memastikan data sensitif seperti kata kunci, surel yang dipakai untuk mengakses akun, dan data lainnya tak termasuk dalam data yang sempat tak sengaja dipakai untuk iklan. 

Twitter mengatakan kejadian ini mendorong pihaknya untuk terus berupaya menyajikan iklan yang relevan bagi pengguna.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });