Aturan Ganjil Genap Motor, Begini Tanggapan Komunitas!

Aturan Ganjil Genap Motor, Begini Tanggapan Komunitas!

Sepeda motor di jalan raya. (ilustrasi: istimewa)

 

JAKARTAINSIGHT.com | Pro dan kontra bermunculan akibat dari seruan dan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pembatasan kendaraan, yaitu diperluasnya kawasan ganjil genap beberapa waktu lalu.

Yang lebih panas lagi adalah, wacana peraturan ganjil genap yang akan diterapkan juga untuk sepeda motor.

Memang hal ini masih sebatas wacana, namun kebijakan ini sudah ramai jadi perbincangan beebagai kalangan di lapangan, termasuk medsos. Tak ketinggalan, para komunitas motor, yang sebagian besar waktunya lebih banyak menggunakan kendaraan roda dua tersebut.

Salah satu komunitas yang angkat suara adalah Honda Mega Pro Club (HMPC) Indonesia yang memberikan alasan mendukung diterapkannya sistem ganjil genap. HMPC menganggap bahwa wacana ini sejatinya dapat meningkatkan kenyamanan di perjalanan.

"Kami mendukung, karena untuk kenyamanan di perjalanan dengan jumlah kendaraan yang sangat meningkat kita mendukung kebijakan pemerintah," ujar Wahyudi, Sekretaris HMPC Indonesia. (kompas.com)

Pendapat berbeda datang juga dari komunitas Honda Tiger Mailing List (HTML) Selataners. Melalui Denny Yamka, selaku koordinator wilayah Jakarta Selatan yang mengatakan bahwa kebijakan itu masih belum layak diterapkan dan belum bisa menyelesaikan masalah yang ada. 

"Masih perlu waktu dan kajian mendalam untuk diterapkannya aturan ganjil genap pada sepeda motor. Dampak dari aturan ini nantinya para pengguna roda dua akan lebih mempunyai motor cadangan. Sehingga, akan menjadi lebih banyak kendaraan yang dimilikinya," ujar Denny.

Lebih bijaksana menurut Denny, adalah melakukan pembatasan kendaraaan, misalnya setiap warga harus menggunakan kartu keluarga (KK) saat pengajuan pemilikan. Dengan begitu, satu KK dibatasi dengan dua kendaraan mobil dan satu kendaraan motor.

Diharapkan dengan aturan tersebut bisa mengatur dan meminimalisasi kendaraan di jalan raya.

 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });