Aktivitas Vulkanik Meningkat, Level Status Tangkuban Perahu Menjadi Waspada

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Level Status Tangkuban Perahu Menjadi Waspada

Foto (istimewa) 

JAKARTAINSIGHT.com | Aktivitas vulkanik gunung Tangkuban Perahu, Bandung-Jawa Barat meningkat dari level normal menjadi waspada pada Jumat (2/8).

Peningkatan status Tangkuban Perahu tersebut berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak Kamis (1/8) malam. 

"Karena ada peningkatan ancaman, maka hari ini, 2 Agustus 2019 mulai jam 8 pagi ini Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan statusnya naik dari level 1 Normal menjadi level 2 Waspada," kata Kasbani dalam jumpa pers di Ruang Monitoring PVMBG, Kota Bandung.

Kasbani menjelaskan, Kamis (1/8) malam Pada terjadi erupsi pada pukul 20.46, tinggi kolom abu teramati sekitar 180 meter dari dasar kawah. Lalu pada Jumat (2/8) dini hari pukul 00.43, erupsi kembali terjadi.

"Sejak malam ada peningkatan yang cukup signifikan, ada beberapa kali erupsi setidaknya ada 4 kali erupsi malam hari dan pada dini hari tadi 4 kali erupsi," sambung Kasbani.

Terkait peningkatan status Gunung Tangkuban Perahu tersebut, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat sekitar tidak mendekat sejauh 1500 meter dari pusat kawah.

Kendati demikian, Kasbani meminta masyarakat sekitar lokasi tetap tenang dan mengikuti perkembangan informasi terkait aktivitas vulkanik Tangkuban Perahu.

Editor:Mika Syagi
Asian Games || jakartainsight.com
BUMN || jakartainsight.com