Bingung Membedakan Motor dengan Skutik? Begini Cara Melihatnya!

Bingung Membedakan Motor dengan Skutik? Begini Cara Melihatnya!

Ilustrasi skuter vespa jadul. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Banyak orang masih bingung membedakan antara motor dengan skutik dalam istilah dunia otomotif. Apakah benar motor dengan skutik itu berbeda? Untuk jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini!

Mengutip dari ulasan di berbagai sumber media, salah satunya adalah penjelasan yang mengatakan bahwa secara kasat mata biasa dari masyarakat awam hampir tidak ada perbedaan, karena memang dasarnya skuter memiliki beberapa pembeda.

Sosok Dwi Yudha Danu sebagai salah satu penggagas Indonesia Scooter Festival, sebagaimana dikutip dari sebuah media, yang memberikan ulasan terkait keduanya. 

"Skuter pada intinya adalah motor yang memiliki area lantai pijakan untuk kaki penumpang depan," jelas Dwi.

Kemudian lanjut Dwi, untuk perbedaan lainnya adalah, tampak jelas pada lokasi penempatan mesin, dimana mesin pada motor bertipe skuter biasanya berada di samping (kanan/kiri) atau di bagian tengah belakang dan posisinya lebih rendah dari jok motor.

Selain kedua hal tadi, masih ada perbedaan lainnya, yaitu pada motor skuter ban atau roda yang digunakan lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan motor lainnya.

Terlebih lagi saat ini bermunculan skuter matik atau yang biasa disebut skutik. Nah skutik sendiri adalah jenis skuter yang menngunakan sistem transmisi otomatis. Artinya tidak lagi menggunakan persneling maupun kopling manual seperti di motor lainnya ataupun skuter biasa (model keluaran lama/jadul).

Pada motor bebek ataupun sport, sejatinya memiliki konsep yang hampir sama. Hanya sedikit perbedaannya yaitu ada pada bagian kaki pengendara yang dibuat lowong.

Untuk Motor bebek, letak mesin dan transmisi berada di dekat kaki pengendara. Sebab, menurut historisnya motor bebek bermula dari pengembangan sebuah sepeda yang ditambah dengan menggunakan mesin penggerak (motor).

Nah, kira-kira dari sedikit penjelasan diatas, mudah-mudahan dapat memberikan informasi bagi masyarakat awam dalam pengenalan akan sepeda motor dan skutik dalam dunia otomotif.

 

 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Terkait

Baca Lainnya

1510570014jakartahujan.jpg
NASIONAL
Ada Pohon Tumbang, Sejumlah Perjalanan KRL Tertahan
Senin, 13 November 2017 17:46:54

1510683760jokowi-ktt-asean.jpg
INTERNASIONAL
1510741966Foto-1.jpg
EKBIS
Net1 Indonesia Ambil Bagian Dari MUBA Bergerak
Rabu, 15 November 2017 17:32:46

1510744254Robert-Mugabe.jpg
INTERNASIONAL
Militer Zimbabwe Kudeta Presiden Mugabe
Rabu, 15 November 2017 18:10:54

Berita Terpopuler
$(window).scroll(function() { var header = $("bg-top-static"); var scroll = $(window).scrollTop(); if (scroll <= 25) { $(".top-navigasi ul").css("text-align","left"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","0px"); $(".left-banner-to-top").css("top","150px"); $(".right-banner-to-top").css("top","150px"); } if (scroll >= 25) { header.addClass("relstatic-fixed"); $(".top-navigasi ul").css("text-align","center"); $(".top-navigasi ul").css("padding-right","78px"); $(".relstatic").addClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").addClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").addClass("right-banner-to-top"); $(".left-banner-to-top").css("top","0px"); $(".right-banner-to-top").css("top","0px"); } else { header.removeClass("relstatic-fixed"); $(".relstatic").removeClass("relstatic-fixed"); $(".left-banner").removeClass("left-banner-to-top"); $(".right-banner").removeClass("right-banner-to-top"); } if (scroll >= 2000) { console.log(scroll); $(".left-banner-to-top").css("top","-110px"); $(".right-banner-to-top").css("top","-110px"); } });